Keunikan Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan museum seni dan budaya yang asik dan recommended untuk dijelajahi. Museum ini didirikan oleh seorang bangsawan Yogyakarta yang sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta. Museum yang dikelola oleh pihak swasta ini nyatanya menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Uniknya, tidak ada pemberian label pada koleksi-koleksi di museum ini . Dalam menjelajahi Museum Ullen Sentalu ini pengunjung akan dipandu oleh satu pemandu yang akan memandu sekitar sepuluh orang. Pemandu akan mengantar wisatawan ke setiap sudut museum dan sekaligus menceritakan segala sesuatu perihal sejarah dan keterangan seluruh hal yang terdapat di museum ini tanpa ada yang terlewat sedikit pun.

Selama menjelajahi museum ini pengunjung dilarang untuk mengambil gambar dan berfoto-foto karena karya-karya di dalam galeri seni ini tidak bisa sembarangan dipublikasikan. Akan ada sesi dan tempat yang memang dikhususkan untuk berfoto. Selain itu pengunjung juga akan disuguhi jamu Ratu Mas. Bayangkan serunya minum jamu bersama-sama di sebuah museum.

Di museum ini, selain diajak kembali ke masa lalu, Anda juga akan lebih mengerti perihal sejarah, perbedaan, bahkan filosofi benda-benda yang terdapat di tempat ini. Dan yang pastinya Anda akan mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang mengesankan.

Museum Ullen Sentalu dirancang layaknya labirin yang menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lainnya. Ada pula ruangan di bawah tanah, ruangan di atas kolam, taman-taman yang asri, dan plasma dengan kolam teratai. Pastinya design museum ini juga tidak membosankan dan menarik minat pengunjung. Selain ruangan museum, tempat ini juga memiliki restaurant dan toko souvenir.

Sumber: