Keseimbangan Sederajat dalam Menggambar

Dalam menggambar atau melukis ada unsur-unsur yang harus diperhatikan. Salah satu unsur tersebut adalah unsur keseimbangan. Unsur keseimbangan sendiri terbagi menjadi beberapa macam, ada yang disebut dengan unsur keseimbangan sederajat Apa maksudnya?

Keseimbangan sedrajat yaitu keseimbangan komposisi antara ruang sebelah kiri dana ruang sebelah kanan tanpa memperdulikan bentuk yang ada di masing-masing ruang. Jadi, meskipun memiliki bentuk raut yang berbeda, tetapi besarnya sederajat, misalnya bentuk raut lingkaran dengan segitiga dengan besar yang sama. Membuat keseimbangan jenis ini lebih memerlukan pertimbangan rasa dibandingkan dengan membuat keseimbangan simetris karena kita harus mempertimbangkan besar yang sama pada bentuk raut yang berbeda.

Membuat komposisi dengan keseimbangan jenis ini memang lebih sulit dibandingkan dengan keseimbangan simetris, namun masih tergolong mudah karena kesulitannya hanya dirasakan pada bentuk raut yang berbeda tetapi besarnya harus sama. Karakter keseimbangan sederajat ini hampir sama dengan keseimbangan simetris, namun lebih dinamis tidak kaku dan tidak statis.