Keseimbangan Radial dalam Menggambar

Dalam menggambar atau melukis ada unsur-unsur yang harus diperhatikan. Salah satu unsur tersebut adalah unsur keseimbangan. Unsur keseimbangan sendiri terbagi menjadi beberapa macam, ada yang disebut dengan unsur keseimbangan radial. Apa maksudnya?

Keseimbangan ini sesungguhnya sama dengan keseimbangan simetri, tetapi kesamaan polanya bukan hanya dia antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan shaa, melainkan juga antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan ruang sebelah bawah. Sebagai gambaran dapat kita bayangkan sebuah roda pedati, roda sepeda, roda mobil, yang semuanya secara memutar sama persis. Sebuah letusab. Om atau letusab benda lain menghasilkan percika. Dengan bentuk radial. Jika kita melihat bunga mawar, bunga matahari, atau bunga-bunga yang lain dari atas, kita dapati bahwa kebanyakan wajah bunga menunjukkan keseimbangan radial atau memancar.

Untuk membuat komposisi yang memiliki keseimbangan memancar dengan cat air atau cat poster dapat dilakukan sama dengan keseimbangan simetris namun lipatannya tidak hanya kiri dan kanan tetapi juga atas dan bawah sehingga komposisi yang akan ditangkupkan hanya dibuat pada seperempat ruang gambar saja yang kemudian ditangkupkan kiri ke kanan dan bawah ke atas. Dengan demikian, jdilah komposisi dengan keseimbangan memancar. Namun bisa juga dibuat sendiri sendiri asalkan pola keempat ruangan gambarnya sama persis.