Kesalahan menggunakan skincare yang perlu dihindari

Pernah merasa kok produk skin care belum juga memberikan hasil maksimal? Padahal sudah dipakai setiap hari, pagi dan malam. Apa yang terlewat ya? Coba luangkan waktu untuk cek sebentar yuk. Bisa jadi ada beberapa kesalahan yang tanpa Anda sadari masih dilakukan. Dari proses pemilihan produk hingga cara penggunaan, ternyata perlu diperhatikan semuanya. Apasaja kesalahan yang sering terjadi?

image

1. Mempercayai Beauty Advisor 100%

Membeli produk skin care di counter secara langsung memang punya plus minus tersendiri dibandingkan membeli secara online. Poin plusnya selain bisa langsung mencobanya, peran beauty advisor juga ikut membantu kita dalam menambah informasi mengenai produk tersebut. Eitss, tapi jangan percaya 100% ya, meskipun informasi yang disarankan benar, tetap saja para beauty advisor ini akan mengarahkan Anda untuk membeli produk dari merk yang mereka wakili. Jadi saat memutuskan membeli skin care secara langsung pastikan Anda sudah lebih dulu melakukan riset dan mengetahui kandungan apa saja yang boleh dan tidak untuk jenis kulit Anda. Kumpulkan informasi dengan membaca review produk atau mengunjungi situs resmi brand yang ingin dibeli. Selain itu jangan ragu untuk sharing dan bertanya di portal online wanita.

2. Pakai Semua Produk Skin Care Baru Secara Bersamaan

Karena ingin jerawat segera hilang Anda pun akhirnya membeli rangkaian skin care baru sekaligus. Tapi setelah pemakain selama 28 hari kok perubahannya tidak terlihat ya, yang ada jumlah jerawat malah makin bertambah. Nah kalau sudah begini Anda pasti dibuat bingung untuk menentukan produk mana yang cocok dan mana yang tidak. Supaya terhindari dari situasi ini sebaiknya gunakan produk skin care baru secara bergantian. Coba tambahkan 1 produk baru dulu untuk dijajal selama minimal 2 minggu untuk melihat reaksi pada kulit serta kecocokannya dengan rangkaian skin care yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Kalau wajah mulai bermasalah jadi lebih gampang deh menentukan produk mana yang tidak cocok dengan wajah Anda.

3. Pakai Beberapa Produk Skin Care yang Punya Kandungan Aktif Sekaligus

Di usia pertengahan 20 sampai usia 30-an, jerawat dan tampilan garis halus selalu jadi masalah yang umum dihadapi wanita. Karena ingin kedua masalah ini segera tuntas, tak jarang banyak yang tergoda untuk menggabungkan skin care yang memiliki kandungan Retinol dan Benzoyl Peroxide dalam satu waktu. Ada beberapa orang yang memiliki reaksi seperti kulit memerah, lebih kering, dan kulitnya flaky saat memakai retinol. Benzoyl peroxide pun diketahui dapat membuat kulit menjadi kering jika kadarnya terlalu tinggi. Nah, kalau keduanya digunakan tanpa takaran yang pas secara bersamaan, bisa-bisa kulit justru “protes”. Kembali lagi ke poin nomor 2, ada baiknya untuk mencoba salah satu produk terlebih dulu, lihat perkembangannya pada kulit, baru tambahkan produk lainnya. Atau coba gunakan secara bergantian untuk menguji manfaatnya masing-masing.

4. Membiarkan Kulit Wajah Lebih Dari 1 Menit Setelah Mencuci Wajah

Setelah membersihkan wajah, ada baiknya Anda langsung menggunakan toner bebas alkohol atau toner yang hydrating. Karena jika Anda membiarkan kulit mengering selama lebih dari 1 menit, setelah mencuci wajah, kondisi kulit sudah tidak lagi lembap karena udara mampu menarik kelembapan kulit hanya dalam waktu 60 detik setelah Anda selesai mencuci wajah. Usahakan utnuk tidak menunda proses perawatan wajah, ya. Meskipun harus menunggu tiap produk meresap tapi sebaiknya jangan menunda atau membiarkan terlalu lama dengan melakukan rutinitas lain.

5. Menggunakan Tabir Surya Berlapis-lapis

Untuk mendapatkan tingkat SPF yang tinggi, memilih menggunakan dua produk tabir surya dengan harapan jumlah SPF yang diserap kulit akan bertambah sesuai nilai total SPF tiap produk. Padahal cara kerjanya tidak seperti itu, lho. Jika tabir surya yang Anda gunakan memiliki kandungan SPF 20 dan produk makeup yang digunakan memiliki SPF 16 bukan berarti total perlindungannya menjadi 36 ya. Karena kenyataannya bukan jumlah SPF tertinggi yang menang, tapi formula produk yang punya SPF tertinggi dan diaplikasikan secara merata yang diperhitungkan. Misalnya, Anda menggunakan tabir surya dengan SPF 50 tapi diaplikasikan tipis sekali, bisa jadi sama efeknya dengan menggunakan foundation yang punya SPF 15 yang diaplikasikan di seluruh kulit wajah. Untuk mendapat proteksi penuh dari sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya secara berkala atau pakai ulang setelah beberapa jam.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/kesalahan-seputar-skincare-yang-perlu-dihindari/