Kesalahan dalam mengeringkan rambut

Apa saja kesalahan dalam mengeringkan rambut sehingga tidak menyebabkan rambut menjadi patah atau rusak? Mohon penjelasannya.

  1. Biasa menggosok rambut dengan handuk
    Hindari menggosok, menggulung dan membungkus rambut dengan handuk. Teknik ini buat gesekan di helai rambut dan nantinya buat rambut rapuh, patah-patah, dan bercabang. Cukup tekan-tekan lembut handuk pada rambut untuk mengangkat air yang masih tersisa di rambut.

  2. Menggunakan hairdryer dengan level heat paling tinggi
    Hal ini tak selalu memastikan rambut kering lebih cepat, namun membuat batang rambut jadi kering dan patah-patah, pasti. Hairdryer modern punya pilihan setting lebih dari satu, jadi Anda tak perlu menggunakan temperature tertinggi. Pilih saja yang paling rendah atau set “cool”. Selain itu, hindari menggunakan hair dryer kurang dari 15 cm dari rambut atau kulit kepala.

  3. Tak menggunakan haircare yang tepat
    Shampo dan kondisioner saja tak cukup untuk menjaga kesehatan helai rambut, lho ladies! Rajin kenakan serum, krim atau oil di batang rambut setelah keramas agar rambut tetap berkilau, lembut, dan tak kusut. Pakai juga hair mask seminggu sekali. Bila kamu tipe wanita yang selalu menggunakan hairdryer atau catokan tiap harinya, maka kenakan dulu heat protectant sebelumnya.

  4. Alat styling kamu kotor.
    Brush dan sponge untuk makeup yang kotor tak baik untuk kulit. Nah, sama saja dengan rambut. Bersihkan sisir dan hair straightener kamu secara rutin.

  5. Tiap hari menggunakan hairdryer
    Kenakan hairdryer dan catokan saat dibutuhkan saja. Panas yang dikeluarkan oleh styling tools tersebut lama-lama akan buat rambut rusak. Pastikan juga rambut sudah kering secara total sebelum menggunakan catokan. Bila tidak, rambut akan makin cepat rusak.

sumber: