Kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh Entrepreneur Wanita?


(Saintia) #1

Hanya karena kamu adalah seorang wanita, bukan berarti kamu tidak bisa menjadi seorang entrepreneur.
Diluar sana sudah banyak entrepreneur wanita yang sukses dan bisa menjadi contoh bagi mereka yang juga ingin menempuh jalan yang sama. Tapi, kita memang tidak bisa menghindari realita bahwa ada permasalahan tersendiri yang dihadapi oleh entrepreneur wanita.

Permasalahan-permasalahan itu termasuk pola pikir atau tindakan yang kadang membawa entrepreneur wanita ke penurunan performa kerja.

  • BERPIKIR BAHWA TANTANGAN YANG DIHADAPI AKAN BERBEDA DIBANDINGKAN ENTREPRENEUR LAINNYA

Tantangan yang akan dihadapi entrepreneur wanita juga sama seperti yang dihadapi oleh entrepreneur pria. Tapi memang ada beberapa permasalahan yang terasa jauh lebih nyata bagi wanita dibandingkan pria. Salah satunya adalah kurangnya akses dalam layanan pinjaman. Kurangnya layanan akses dalam peminjaman modal membuat mereka merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Sekitar 18% usaha dijalankan oleh wanita, tapi hanya sekitar 2,7% yang mendapatkan dana pinjaman. Ini adalah salah satu contoh ketidakseimbangan yang terjadi.

  • MENYALAHKAN GENDER SEBAGAI FAKTOR KEGAGALAN

“Aku adalah wanita, karena itu aku tidak bisa melakukannya” adalah pola pikir yang membuatmu terus-menerus pada kondisi yang negatif. Hanya karena kamu seorang wanita, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Tanamkan pola pikir positif, bahwa walau kamu seorang wanita, kamu juga bisa melakukannya.

  • MEMINTA NASIHAT ATAU PERTOLONGAN HANYA DARI SESAMA WANITA

Jangan hanya bergaul dengan wanita. Jangan. Jigyasa Makkar menuliskan pengalamannya di blognya tentang bagaimana ia seringkali melihat para pengusaha wanita hanya bergaul di lingkungan yang sama. Adalah suatu hal yang baik jika kamu bisa memperluas jaringan pertemananmu. Kita tidak bisa menampik realita bahwa pengusaha didominasi oleh pria. Maka dari itu, bergaullah dengan mereka juga agar bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi baru.

  • HANYA MENGHADIRI ACARA-ACARA YANG DITUJUKAN UNTUK WANITA

Sekali lagi, jangan hanya berkutat dengan sesama wanita. Perluaslah jaringan dan kolegamu dengan berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini bisa membuka peluang yang lebih lebar.

Apakah anda mempunyai pendapat lain? Silahkan berbagi dengan komunitas