Kerja Part Time vs Asisten Dosen, Mana yang Kamu Pilih?

Pengalaman menjadi salah satu hal yang penting dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi orang-orang yang ingin mencoba peruntungan di dunia kerja. Setiap individu pasti memiliki preferensi masing-masing tentang kehidupannya ke depan. Ada yang mulai mengumpulkan uang dari sekarang dengan kerja part-time, ada juga yang memperkaya pengalaman dengan ikut penelitian dosen, atau menjadi asisten beberapa dosen sekaligus.

Jika kalian diminta untuk memilih, mana hal yang lebih baik antara kerja part-time dengan asisten dosen? Apakah kalian memiliki penghasilan lain selama masih berstatus sebagai mahasiswa? Jika iya, bagaimana cara menyeimbangkan antara akademik dan pekerjaan versi kalian?

Saya akan memilih menjadi asisten dosen. Karena pengalaman saya selama menjadi asisten dosen sendiri, mendapatkan banyak ilmu, pengalaman, maupun bertemu dengan orang-orang penting yang tidak melulu membahas uang itu penting. Dari sini menjadi asisten dosen itu tidak mudah dan saya juga menyenangkan. Sebab selain menjadi asisten dosen, setidaknya anak-anak mahasiswa yang dijadikan asisten dosen sendiri akan mendapatkan informasi-informasi penting seputar penelitian keilmuan, dan kita tahu bahwa banyak mahasiswa maupun dosen berkolaborasi dari satu event untuk mengikuti event tersebut. Ini menjadikan para dosen memasukkan asisten dosen yang dianggapnya mampu dan berkompeten dalam bergabung, tidak hanya dari segi ilmu ynag didapat namun juga uang sendiri. Sekaligus menjadi asisten dosen merupakan tantangan bagi saya sendiri, karena dengan menjadi asisten dosen kita harus mampu menguasai materi dari dosen yang akan dipaparkan didalam ruangan. Ketika dosen telah memaparkan dan rasanya kurang maksimal, maka asisten dosen ada untuk memberikan sedikit tambahan atau menjadi memori pengingat baik dosen maupun mahasiswa ketika didalam ruangan pembelajan.

Jika profesi kita saat ini adalah sebagai mahasiswa, menjadi asisten dosen akan sangat menguntungkan. Dengan menjadi asisten dosen kita akan bisa belajar banyak hal baru dalam rumpun ilmu yang sedang kita pelajari saat itu juga. Selain itu, menjadi asisten dosen akan melatih kita untuk tanggap dan memiliki kemauan untuk memperdalam ilmu yang sedang diaplikasikan. Jadi jika konteksnya kita adalah seorang mahasiswa, menjadi asisten dosen adalah sebuah pilihan yang tepat.