Kerja Keras Akan Membawa Kesuksesan

images (1)

Pernah ada seorang pengusaha kaya yang memiliki anak laki-laki yang malas. Pengusaha tersebut menginginkan anaknya bekerja keras dan bertanggung jawab. Dia ingin anaknya menyadari nilai suatu pekerjaan. Suatu hari dia memanggil anaknya dan berkata: “Hari ini, Ayah ingin kamu keluar dan mendapatkan sesuatu. Jika gagal, kamu tidak boleh makan malam ini.”

Anak laki-laki itu tidak berperasaan dan tidak terbiasa melakukan pekerjaan apa pun. Permintaan oleh ayahnya membuat dia takut dan dia langsung menangis kepada ibunya. Hati ibunya meleleh saat melihat air mata anaknya. Dia menjadi gelisah. Sebagai tawaran untuk membantunya, dia memberinya koin emas. Di malam hari ketika sang ayah bertanya kepada anaknya apa yang telah dia dapatkan, anak itu segera memberinya koin emas itu. Sang ayah kemudian memintanya untuk memasukkannya ke dalam sumur. Anak laki-laki itu melakukan apa yang diperintahkan kepadanya.

Sang ayah adalah seorang pria yang bijaksana dan pengalaman, dan menduga bahwa sumber koin emas itu adalah ibu anak laki-laki itu. Keesokan harinya dia mengirim istrinya ke kota orang tuanya dan meminta anaknya untuk pergi dan mendapatkan sesuatu dengan ancaman ditolak makan malam jika dia gagal. Kali ini dia pergi kepada kakak perempuannya yang bersimpati padanya dan memberinya uang rupee dari tabungannya sendiri. Ketika ayahnya bertanya kepadanya apa yang telah dia dapatkan, anak itu melemparkan koin rupee ke arahnya. Sang ayah kembali memintanya untuk membuangnya di sumur. Anak laki-laki itu melakukannya dengan mudah. Lagi-lagi, sang ayah mengatakan kepadanya bahwa uang rupee itu tidak diperoleh anaknya. Dia kemudian mengirim putrinya ke rumah mertuanya. Dia kembali meminta anaknya untuk pergi dan mendapatkan dengan ancaman bahwa dia tidak akan makan malam untuk malam itu.

Kali ini karena tidak ada yang membantunya, anak itu terpaksa pergi ke pasar untuk mencari pekerjaan. Salah satu pemilik toko di sana mengatakan kepadanya bahwa dia akan membayarnya dua rupee jika membawa kopernya ke rumahnya. Anak laki-laki kaya itu tidak bisa menolak dan basah kuyup saat dia menyelesaikan pekerjaannya. Kakinya gemetar dan leher dan punggungnya sakit. Ada ruam di punggungnya. Saat kembali ke rumah dan menghasilkan dua rupee di depan ayahnya dan diminta untuk memasukkannya ke dalam sumur, anak laki-laki yang ketakutan itu hampir berteriak. Dia tidak bisa membayangkan membuang uang dengan susah payah seperti ini. Dia berkata di tengah terisak-isak,

“Ayah! Seluruh tubuh saya terasa sakit. Punggung saya memiliki ruam dan ayah meminta saya untuk membuang uang ke sumur.”

Saat ini si pengusaha tersenyum. Dia mengatakan kepadanya bahwa seseorang merasakan sakitnya hanya jika hasil kerja keras terbuang sia-sia. Pada dua kesempatan sebelumnya dia dibantu oleh ibu dan saudara perempuannya dan karena itu tidak memiliki rasa sakit dalam melempar koin ke dalam sumur. Anak itu sekarang menyadari nilai kerja keras. Dia bersumpah untuk tidak pernah malas dan menjaga kekayaan sang ayah. Sang ayah menyerahkan kunci tokonya kepada sang anak dan berjanji untuk membimbingnya melewati sisa hidup.

Bagaimana menurut anda tentang cerita ini? Apa pesan moral yang dapat diambil dari kisah ini?

Sumber:
www.pravsworld.com/hard-work-bring-success/

Pesan yang bisa diambil dari kisah ini adalah kerja keras akan membawa kita kepada kesuksesan. Bahkan anak dengan sifat seperti yang diceritakan diatas mampu memahami sulitnya bekerja setelah dia mengalaminya sendiri. Jadi, selama anda kerja keras disertai dengan bertawakkal, percayalah kesuksesan sedang menunggu anda.