Keracunan coklat pada anjing, bagaimana bisa?

Bagi kita manusia , coklat merupakan makanan yang sangat lezat , mengasyikan dan hamper tidak bermasalah pada kesehatan kita. Paling-paling hanya menambah berat badan dan merusak gigi.


Bagi kita manusia , coklat merupakan makanan yang sangat lezat , mengasyikan dan hamper tidak bermasalah pada kesehatan kita. Paling-paling hanya menambah berat badan dan merusak gigi.

Tetapi bagi anjing peliharaan kita, ternyata coklat sangat berbahaya karena zat yang terkandung didalamnya. Coklat mengandung zat kafein dan zat theobromine. zat theobromine ternyata zat yang sangat beracun untuk anjing kesayangan kita. Banyak orang meremehkan dan tetap memberikan coklat sebagai snack pada anjing peliharaannya. Mereka biasanya bilang anjing saya sudah terbiasa dan sangat doyan dengan coklat , tetapi tidak pernah ada masalah. Padahal , setiap tahun khususnya di Amerika banyak kasus kematian anjing yang dilaporkan yang disebabkan oleh coklat.

Anjing yang keracunan coklat terserang sakit perut yang luar biasa dan biasanya disertai dengan muntah-muntah darah. Muntahannya biasanya berbau coklat. Kemudian anjing akan mengeluarkan cairan liur yang berlebihan, gelisah, dan sulit untuk berdiri atau berjalan karena tubuh terasa kaku dan kejang. Rasa haus akan meningkat padahal air liur terus keluar, anjing akan minum terus sampai kemudian muntah lagi.

Kalau tidak segera diberi pertolongan, keadaan anjing akan menjadi lebih parah lagi seperti meningkatnya pernafasan, tremor otot, tubuh kaku, air kencing mengandung darah, gusi membiru, kejang-kejang, dan akhirnya mati.

Biasanya, dokter hewan kalau melihat gejala-gejala tersebut kebanyakan memvonis anjing terkena penyakit distemper syaraf atau parvo karena gejalanya hampir sama. Nah, di Indonesia jarang sekali dilaporkan anjing mati karena serangan racun coklat tetapi lebih sering dilaporkan karena serangan distemper syaraf, parvo atau keracunan obat serangga.

Tidak ada obat yang bisa menawarkan racun coklat. Biasanya oleh dokter anjing hanya diinfus dan diberi tambahan oksigen agar anjing dapat bertahan sampai racun coklat tersebut hilang dengan sendirinya…

Nah, kalau sudah tahu bahwa coklat ternyata sangat berbahaya buat anjing, dari sekarang hentikan kebiasaan memberi coklat pada anjing kita.

Note: Jumlah dan jenis coklat yang dimakan dan tingkat toleransi pada anjing juga menentukan . Tapi, untuk membunuh seekor anjing yang beratnya sekitar 10 Kg dibutuhkan rata-rata 250 gram coklat saja.