© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Kenikmatan dibalik mahalnya kopi luwak asli Indonesia

images%20(14)
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kopi luwak masyhur dengan kenimatannya. Aroma mewangi kopi yang lengket di hidung serta rasa kopinya yang kuat dan khas membuat kopi luwak mendapatkan label sebagai kopi ekslusif yang dibandrol dengan harga mahal. Harga kopi luwak sudah berada diatas 1 juta perkilonya.
Proses pembuatan kopi luwak terbilang unik. Kopi luwak berasal dari biji kopi yang telah dimakan oleh luwak dan dikeluarkan bersamaan dengan defaksi (buang air besar). Luwak hanya menghancurkan dan mencerna daging pembungkus biji kopi lunak. Biji kopi sangat keras sehingga tidak mampu dicerna oleh luwak. Tinja tinja luwak kemudian dikumpulkan diambil biji kopi yang masih utuh dan dibersihkan untuk kemudian dikeringkan. Biji kopi yang sudah kering dijemur lalu diolah sesuai dengan selera, disangrai atau diopen untuk mengurangi kadar airnya.
Insting hewan untuk memilih makanan, konon lebih tajam dari manusia. Sebagai pemisahan kelelawar hanya bisa memakan manga, jambu dan buah lainnya yang sudah matang di pohonnya. Begitu pula dengan hewan luwak yang hobi mengemil biji kopi. Luwak hanya memakan biji kopi yang sudah metang secara sempurna, terutama kopi yang masak dipohon. Inilah yang membuat kopi luwak beraroma sedap dan terasa lezat karena dibuat dari biji kopi yang dipilih oleh ahlinya. Selain itu, biji kopi yang dimakan oleh luwak akan mengalami fermentasi didalam perut yang konon semakin menambah matap rasanya.
Kopi luwak hukumunya halal apabila sudah disucikan, boleh mengkomsumsinya dan boleh memproduksinya serta menperjual-belikannya. Adapun syarta biji luwak yang halal adalah yang demikian bukanlah benda najis, melainkan benda terkena najis yang kerennya harus dibersihkan sebelum mengkomsumsinya.
Anda pecinta kopi dikota Jember sudah terdapatbiji kopi arabika jember dan juga bisa melayani ekspor impor jember Indonesia lho. Jika anda minat bisa langsung hubungi nomor 085784510337 (Rodiatul) Terima kasih.