Kenapa ya, Kita Suka Mendadak Lupa?

Mendadak lupa dapat di sebut dengan “doorway effect”. Doorway effect adalah memori kita seolah - olah masih tertinggal di tempat sebelumnya.

References: https://www.scienceabc.com/humans/doorway-effect-why-we-forget-what-we-were-supposed-do-after-we-enter-room.html

Lalu, apa penyebab seseorang dapat mengalami doorway effect ya?

Doorway Effect terjadi ketika seseorang lupa atau kehilangan fokus akibat berpindah tempat dari satu ke satunya, disebabkan distract aktifitas sebelum dan setelahnya.

Kemampuan otak dalam memfokuskan melakukan kegiatan adalah untuk berpikir, kerjakan, dan selesai. Jadi ketika seseorang berada dalam tahap berpikir dan kerjakan, kemudian ada aktifitas baru yang membuat mereka juga berpikir dan kerjakan, dapat dipastikan bahwa kegiatan sebelumnya dapat kehilangan fokus.

Solusinya adalah mencoba multi-tasking dengan menaruh fokus disetiap aktifitas atau menyelesaikan satu persatu.

Reference

1 Like

Menurut saya, seseorang ataupun kita suka lupa itu disebabkan karena banyaknya beban maupun jadwal yang kita pikirkan dalam kurun waktu yang singkat. Dengan begitu otak akan membagi fokus dari yang semula ingin fokus kepada satu situasi justru ingin melakukan hal lain dalam waktu yang bersamaan. Sehingga otak akan memproses dan menyampaikan informasi untuk melakukan dua hal sekaligus dan dengan begitu dari salah satu kegiatan yang dilakukan akan menimbulkan ketidak fokusan sehingga ini sering kita sebut sebagai lupa.

1 Like

Lupa merupakan hal yang paling umum dan wajar yang pernah dilakukan oleh manusia. Tentunya, semua orang pasti pernah lupa termasuk dengan diri kita sendiri, misal lupa pada hal kecil sampai pada hal besar dan lupa akan hal penting sekalipun. Terutama ketika kita sedang menjalani kegiatan padat, pasti kita akan lupa pada hal-hal kecil.
Nah, kalau lupa merupakan hal yang wajar gimana kalau tiba-tiba mendadak lupa atau disebut doorway effect, apakah disebut wajar juga?

Doorway effect merupakan kondisi yang dimana pikiran seseorang teralihkan oleh sesuatu sehingga membuat lupa apa yang seharusnya dikerjakan. Misal, saya ingin mengambil kunci rumah di lemari. Saat sampai di lemari, saya tiba-tiba lupa mau ambil apa tadi. Nah, kondisi itu disebut doorway effect.

Menurut Radvinsky, penyebab dari doorway effect yaitu adanya gangguan proses visual-spasial dalam kinerja memori. Awalnya, memori yang sudah ditempatkan di awal akan berpindah tempat sehingga mengganggu kinerja memori. Hal inilah yang menyebabkan kinerja memori menjadi berkurang karena memori sebelumnya yang sudah ditempatkan menjadi terpisah.

Ada cara untuk mengatasi dooway effect ini salah satunya adalah untuk selalu fokus ketika melakukan sesuatu. Jangan pikirkan hal-hal yang lain terlebih dahulu. Selain itu, bisa dibuat catatan apa saja hal yang harus dilakukan sehingga seseorang akan lebih mudah mengingatnya.

Doorway effect adalah sesuatu hal yang wajar karena pikiran memang bisa saja teralihkan oleh sesuatu hal sehingga membuat seseorang mendadak lupa.

1 Like

Kekurangan Vitamin B12 juga bisa menjadi penyebab sering lupa karena vitamin ini berperan penting dalam menjaga sel saraf, termasuk yang berada di otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kondisi kekurangan vitamin B12 berhubungan dengan berkurangnya kemampuan mengingat seseorang. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berat dikatakan dapat menyebabkan amnesia.

1 Like

Merasa mendadak lupa ketika ingin melakukan sesuatu mungkin disebabkan oleh adanya terlalu banyak pikiran, dan membuat otak harus membagi kinerjanya terhadap beberapa pekerjaan supaya tetap fokus. Sehingga otak menjadi terbebani karena harus menjalankan banyak pekerjaan, lalu ketika ingin melakukan hal yang baru otak akan menerima rangsangan untuk menjalankan perintah baru nah disaat itu juga pikiran akan teralihkan dan tidak fokus sehingga membuat lupa.