Kenapa usaha pembuatan action figure menjanjikan untuk dikerjakan?


sore semuanya…aku mau bertanya…kan banyak sekali produsen yang melakukan bisnis dalam pembuatan action figure…kenapa usaha tersebut menjanjikan untuk dikerjakan?

Apakaha anda berfikiran untuk membuka usaha pembuatan action figure?
Nah pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan ulasan mengenai peluang usaha produksi pembuatan action figure dan keuntungan memulai usaha ini, serta sedikit memberi gambaran kenapa usaha pembuatan action figure ini terbilang cukup menjanjikan untuk dikerjakan.


Apa itu Acton figure?
Action figure atau sering juga disebut boneka karakter merupakan salah satu bentuk mainan miniatur yang dibuat menirukan gaya karakter dari film superhero, komik, video game, manga ataupun juga tokoh didunia nyata.


Contoh karakter yang dibuat menjadi action figure

Bentuk bentuk karakter yang biasanya dibuat menjadi action figure biasanya merupakan karakter terkenal dari berbagai film contohnya seperti :
  • The Flash, Spiderman, Green lantern dan superhero lainnya.
  • Karakter film anime seperti One piece, naruto, digimon dan lain lain.
  • Atau tokoh didunia nyata yang terkenal, seperti president, anggota jkt 48, dan masih banyak lagi.

Kenapa usaha pembuatan action figure menjanjikan untuk dikerjakan?

Action figure merupakan salah satu mainan yang memiliki harga jual yang cukup tinggi bahkan untuk boneka kecil action figure bisa dibandrol dengan harga antara 500 ribu sampai jutaan rupiah tergantung seberapa sulit dan seberapa bagus action figure itu dibuat.
Bahkan untuk action figure yang hanya dibuat dengan edisi terbatas alias limited edition biasanya memiliki harga yang jauh lebih tinggi lagi karena menjadi buruan kolektor serta pencinta action figure yang rela merogoh kocek berapapun demi mendapatkan karakter incarannya.

Alasan kenapa action figure ini dibuat?

Salah satu alasannya utama dibuatnya action figure adalah karena fans dari sebuah film animasi atau fantasi yang sangat menggemari sebuah karakter berusaha mewujudkan fantasinya didunia nyata, sehingga action figure ini menjadi semacam bentuk kecintaan terhadap suatu karakter dan ternyata pencinta .

Sebenarnya untuk siapakah action figure ini?

Awalnya action dibuat untuk kalangan anak lelaki tetapi karena para pencinta action figure sendiri berkembang lebih luas dan bukan hanya anak anak bahkan orang dewasa pun banyak yang menyukai action figure, mainan ini kini justru berubah menjadi sebuah barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksi secara spesifik untuk orang dewasa.

Bagaimana Cara Pembuatan Action Figure?

Bahan yang dibuat biasanya adalah clay, untuk jenis nya sendiri ada banyak sekali , tapi saya bisa membaginya menjadi 2 jenis berdasarkan hasil jadinya yaitu :
  • Clay yang hasil jadinya mengeras (seperti patung) dan yang hasilnya tetap lunak (masih bisa di rubah bentuk).
  • untuk action figure yang akan dijual dijual biasanya pembuat akan menggunakan bentuk padat yang hasil akhirnya tidak akan berubah lagi.
Proses pembuatan action figure?

proses pembuatan acion figeure
  1. Clay di bentuk menjadi bentuk yang di sesuaikan dengan karakter kartun nya.
  2. Biasanya proses bagian bagian tubuh di bentuk sendiri sendiri seperti bagian badan, kepala, rambut, baru setelah jadi disatukan untuk membuat hasil lebih maksimal.
  3. Setelah proses pembuatan awal selesai akan memulai proses pembentukan detail seperti ekspresi, lekuk tubuh, kuku telinga dan detail lainnya.
  4. Setelah itu baru proses pembuatan acsesoris seperti pakaian, senjata dan aksesoris lainnya.
  5. Pewarnaan, proses ini adalah pemberian warna pada karakter untuk membuat action figure terlihat lebih hidup dan mirip dengan aslinya.
  6. Finishing
Mungkin  hanya itu dulu yang bisa saya bagikan tentang peluang usaha pembuatan action figure dan cara pembuatannya, semoga bermanfaat