© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Kenapa terdapat noda putih di Kuku?

Istilah medis untuk noda putih di kuku disebut Leukonychia. Penyebab umum terjadinya warna putih-putih di kuku ini adalah karena adanya trauma ringan atau sedang pada kuku ketika sedang tumbuh.

Seringkali kondisi ini dikaitkan dengan kelebihan atau kekurangan kalsium atau vitamin tertentu tapi ini tidak sepenuhnya benar.

Istilah medis untuk noda putih di kuku disebut Leukonychia. Meskipun terdengar menyeramkan tapi sebenarnya kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab umum terjadinya warna putih-putih di kuku ini adalah karena adanya trauma ringan atau sedang pada kuku ketika sedang tumbuh. Seringkali kondisi ini dikaitkan dengan kelebihan atau kekurangan kalsium atau vitamin tertentu tapi ini tidak sepenuhnya benar.

Noda putih di kuku ini lebih sering ditemukan di kuku jari tangan dibandingkan jari kaki. Kalau kamu tidak ingat cedera macam apa yang bisa mengakibatkan kukumu mengalami trauma, jangan khawatir, faktanya kuku tumbuh sangat lambat sehingga luka pada kuku bisa terjadi berminggu-minggu sebelum noda putih tampak pada kuku.

Kemungkinan lain, noda putih ini bisa menjadi tanda adanya infeksi ringan atau alergi atau efek samping dari pengobatan tertentu.

Apapun penyebab dari luka pada kuku, noda putih-putih ini pada dasarnya tidak membutuhkan pengobatan atau perawatan tertentu dan akan hilang bersamaan dengan tumbuhnya kuku.

Noda ini tidak akan muncul kembali kecuali kamu mengalami trauma pada kuku lagi. Noda-noda putih yang tidak berbahaya ini umumnya muncul pada satu atau beberapa kuku saja. Ada beberapa jenis leukonychia :

  1. Leukonychia totalis
    Kondisi ini terjadi apabila kuku seluruhnya berwarna putih. Penyebab kondisi ini biasanya dikaitkan dengan penyakit tertentu.

  2. Leukonychia striata
    Kondisi ini terjadi bila noda putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.

  3. Leukonychia punctata
    Ini merupakan bentuk leukonychia yang paling sering ditemukan dimana noda-noda putih berbentuk titik-titik atau garis-garis kecil nampak pada kuku.