Kenapa tanaman kangkung saya tidak tumbuh normal? Selain itu, kenapa tanaman saya mati setelah diberi pupuk NPK mutiara?

Pada umumnya kangkung memiliki batang yang tebal dan daun yang lebar. Namun, punya saya sebaliknya.

Bagaimana cara penggunaan pupuk NPK mutiara? Karena tanaman saya langsung sakaratul maut :’(
Terima kasih

1 Like

Bantu jawab, kalo ada yg salah, mohon dikoreksi.
Pupuk NPK itu sifatnya panas, kalo terkena tanaman, langsung bisa mati, jadi pada saat melakukan pemupukan menggunakan pupuk NPK, jarak dari tanaman bisa 3-5cm, dan waktu pemupukan dilakukan pada sore hari, agar pupuk tersebut bisa diserap tanaman dengan baik.

2 Likes

Izin menjawab mba bisa dikoreksi,saya pernah mengalami hal ini,kalau dari yang saya alami tanaman langsung layu maka dari itu sebaiknya pupuk npk diaplikasikan pada tanah sebelum penanaman dikasih jeda sekitar 5 hari baru ditanami tanaman karena yang waktu itu saya baca kalau pupuk pupuk kimiawi bersifat panas sehingga akan berdampak pada pertumbuhan tanaman,sekiranya seperti itu

1 Like

Biasanya tanaman mati setelah diberi pupuk karena pada saat pemupukan, pupuknya terlalu dekat dengan tanaman sehingga tanaman akan mati. Seharusnya pupuk di tabur dengan jarak 4 cm dari batang tanaman (ini dilakukan jika tanaman sudah tumbuh) jika ingin memupuk sebelum di tanam maka beri pupuk dalam lubang tanam dan di biarkan selama 1 minggu baru kemudian di tanam kangkung.

Saya dulu juga pernah begitu. Tetapi tanaman cabai, malahan itu tanaman penelitian saya.
Saya mupuknya persis di samping batang cabe eh besoknya tanaman saya seperti terbakar. Saya tanyalah ke pembimbing skripsi saya ternyata salahnya adalah cara saya memupuk :face_with_hand_over_mouth::face_with_hand_over_mouth::face_with_hand_over_mouth::face_with_hand_over_mouth:

1 Like

Saya juga pernah mengalaminya diawal awal menanam lalu saat saya tanyakan ke mahasiswa pertanian katanya kangkung dapat tumbuh bagus apabila benih nya disemai dulu baru diletakkan di media tanam dan kangkung juga tidak bisa tumbuh maksimal jika terkena sinar matahari secara berlebihan dan ditambah lagi menggunakan pupuk NPK yang sifatnya panas bagi tanaman maka dari itu tanaman kangkung mbak rahma cepat mati.Begitu yang saya tau maaf jika ada salah dan semoga membantu :slight_smile:

1 Like