Kenapa spongebob berwana kuning?


(Hakky Alfian) #1

Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang tvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV (sekarang GTV). Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.


(Hikma Zakia) #2

Warna kuning dipilih bukan tanpa sebab. Seorang pengguna YouTube, melalui saluran ChannelFrederator menjelaskan dalam unggahannya bahwa warna karakter atau tokoh kartun dibuat berdasarkan teori. Program televisi saat ini kebanyakan menggunakan warna merah-hijau-biru dibanding warna-warna standar seperti merah-kuning-biru. Berdasarkan skala RGB, warna kuning dan biru merupakan warna yang saling melengkapi satu sama lain.

Itulah sebabnya kuning dan biru begitu sering digunakan di dalam banyak acara kartun, termasuk Spongebob, dengan tujuan membuat penontonnya, terutama anak-anak, dapat mengingat acara tersebut terus-menerus.

Kuning merupakan warna yang paling terlihat di seluruh spektrum warna. Sementara dilihat dari segi psikologis, kuning merupakan warna hangat yang mampu menyampaikan rasa optimis dan kebahagiaan.