Kenapa Sosial Media Sangat menarik untuk semua kalangan ?

sosial media

Sebenarnya apa nilai lebih dari sosial media sehingga bisa merambah ke semua elemen masyarakat sekarang ?

Sosial Media kini sangat menarik bagi berbagai kalangan maupun elemen masyarakat di Indonesia. Sebenarnya ada beberapa fitur sosial media yang dapat membuat kita tertarik menggunakan sosial media. Berikut 5 Alasan Mengapa Sosial Media sangat menarik untuk semua kalangan.

1. Sebagai Media Curhat

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai alat media komunikasi dan berinteraksi, ternyata media sosial saat ini dapat digunakan sebagai ajang tempat curhat. Telah banyak orang yang merasakan keresahan dalam hidup, lalu meluapkannya dimedia sosial.

jatuh-cinta-dengan-media-sosial

Hal tersebut semata-mata dilakukan seseorang entah untuk menarik perhatian banyak orang, atau memang tidak ada lagi teman yang bisa mendengarkan keluh kesahnnya. Jadi dapat dipastikan, media sosial tempat berbagai terutama untuk kalian yang galau.

2. Media Penyalur Inspirasi

Kalian pastinnya telah melihat berbagai jenis kata-kata galau bahkan nyeleneh yang banyak beredar di dalam media sosial seperti contohnya Facebook, BBM, Line, dan masih banyak lagi. Selain kata kata galau, ternyata juga terdapat banyak kata yang menginspirasi hidup.

jatuh-cinta-terhadap-media-sosial

Pengguna media sosial memiliki keluasan tanpa ada batasan untuk berbagi pengalam hidup dan meng-update berbagai jenis inspirasi, alasan semacam itu pastinya menambah kecintaan banyak masyarakat terhadap media sosial.

3. Update Trend Masa Kini

Selain seperti penyebab diatas, adapula yang menjadikan media sosial sebagai tempat update trend masa kini. Update-an itu berupa gaya hidup yang berhubungan dengan fashion, makanan, dan hal yang menarik untuk diperbincangkan.

kenapa-banyak-orang-jatuh-cinta-sama-media-sosial

Kalian akan merasa update terus dengan mengoprasikan media sosial, namun telah banyak orang yang terjerumus kedalam trend seperti menggunakan celana ketat pendek, rok pendek, kaos sexy. Hal itu bukan lain dan bukan tidak yaitu untuk menarik perhatian banyak mata.

4. Tempat Kepo

Nah alasan yang satu ini cukup banyak dilakukan oleh sebagian orang, tidak tanggung-tanggung yang dikepoin itu adalah pacar, gebetan, atau yang lainnya. Sisi baiknnya dari kepo tersebut yaitu untuk memata-matai sanak keluarga bagaimana kelakuan saat bermain media sosial.

alasan-jatuh-cinta-dengan-media-sosial

Jika telah terjadi sebuah penyelewengan, maka kalian akan menanggung akibatnnya sendiri. Maka bijak lah saat menggunakan media sosial, karena saat ini telah ada hukum yang mengatur tentang penyalahgunaan sosial media.

5. Baca Berita Hangat

Kecintaan masyarakat akan sosial media yang terakhir adalah sebagai alat media tempat baca berita terkini dan terhangat, pasalnya banyak orang yang malas meng-isntall aplikasi berita karena terlalu menguras banyak kuota internet.

kenapa-orang-jatuh-cinta-sama-media-sosial

Terdapat banyak media yang memanfaatkan sosial media sebagai tempat share berupa berita masa kini dan masa yang telah berlalu. Jadi, kalian tidak perlu menginstal aplikasi berita untuk mengetahui kejadian-kejadian hari ini dengan sosial media.

6. Mendapatkan perhatian

Hasil penelitian dari Pew Research Center Study, AS, menunjukkan bahwa sebagian besar remaja berbagi informasi di sosial media. Berbagai informasi menjadi kunci bagi mereka untuk mendapatkan perhatian bagi diri mereka sendiri. Mereka seringkali mengeluhkan tentang ‘oversharing’ yang dilakukan pengguna media sosial ain. Padahal, mereka sendiri juga terjebak di dalamnya. Mereka berbagi begitu banyak hal (bahkan yang bersifat pribadi) di dalam media sosial.

7. Meminta pendapat

Remaja seringkali meminta pendapat dan persetujuan rekan-rekannya untuk memutuskan sesuatu. Itu wajar jika di dunia nyata. Namun, dengan adanya media sosial, mereka menjadi meminta pendapat untuk hal yang tidak penting. Contohnya, mereka akan semakin sering menggunggah foto untuk sekadar melihat bagaimana komentar rekan-rekannya. Semakin banyak pujian atau sekadar “Like” di Facebook akan membuat mereka merasa populer. Dengan kata lain, media sosial menjadi indikator kepopoleran meraka. Ada ‘kepuasan intrinsik’ pada remaja jika mereka populer di media sosial. Bukan hanya lewat foto,remaja seringkali menulis status yang berisikan permintaan saran pada rekan-rekan mereka

8. Menumbuhkan citra

Media sosial tidak akan mampu mendeskripsikan pribadi seorang pengguna secara utuh. Oleh sebab itu, remaja menjadikan media sosial penumbuh citra positif mereka.Remaja akan cenderung memberikan kesan yang baik saat di media sosial. Mereka berharap orang lain melihat mereka seperti apa yang mereka harapkan.

9. Kecanduan

Mereka akan sulit mengalihkan pandang dari situ. Mereka ‘terjebak’ dalam lingkaran drama media sosial. Meskipun mereka terus mengeluh tentang ‘’drama’ dalam media sosial nyatanya mereka jugalah pelaku drama tersebut.

sumber :


Media Sosial merupakan situs yang memberikan pengguna kesempatan untuk berinteraksi sosial bersama keluarga, teman, atau orang lain secara online. Banyak sekali pilihan media sosial yang berkembang sekarang ini, dan pengguna dapat memilih sosial media untuk digunakan tergantung pada keinginan masing-masing. Contoh media sosial yang terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path sampai Google+. Terkadang jika sudah online di media sosial, seseorang bisa jadi lupa waktu. Banyak hal negatif dan positif dampak dari seseorang menggunakan sosial media tergantung pada pola pandang dan pola pikir seseorang. Dari anak-anak sampai orang dewasa menggunakan sosial media untuk berbagai macam kegiatan, dari untuk hal produktif sampai hanya untuk hiburan semata. Dan berikut beberapa alasan sosial media menarik bagi semua kalangan :

Ajang Menjalin Pertemanan

Berteman dengan seseorang tidak hanya dapat dilakukan secara langsung bertemu fisik. Jika kita memiliki teman lama dan sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Kita dapat menghubungi kawan lama dengan media sosial. Cukup mencari ID ataupun nama teman, kita sudah dapat langsung berbicara dengan teman lama melalui chat, telpon atau bahkan video call. Selain itu dengan media sosial kita dapat mengumpulkan teman-teman kita di dalam suatu grup dan dapat berbicara/sharing melalui chat tanpa harus mengunjungi teman satu persatu dari berbagai daerah yang jauh. Media sosial juga dapat disebut sebagai jembatan yang simpel untuk penghubung idola dengan fans, atau boss dengan karyawannya.
gambar

Berdagang

Hanya dengan menggunakan media sosial dan aktif didalamnya seorang pedagang dapat menjual produknya dengan mudah. Apalagi jika ditambah dengan foto foto produk yang bagus dan produk yangs sesuai dengan perkembangan zaman. Toko online (online shop) kian marak di Indonesia. Selain menggunakan website, para pedagang di toko online sering menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya agar bisnisnya makin terdongkrak. Media sosial merupakan wadah untuk berdagang secara gratis, tetapi perlu diingat pembeli dan pedagang juga harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi secara online.
gambar

Berburu Hadiah

Brand-brand terkenal berlomba-lomba untuk mencuri perhatian para pembeli agar mau melirik produk yang ditawarkannya. Strategi itu sudah banyak muncul di media sosial, mereka membuat berbagai kuis yang menarik. Tidak jarang kuis yang diadakan memiliki hadiah yang besar pula, pengguna media sosial yang aktif pasti memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut.

Tren Masa Kini

Masyarakat sekarang selalu tidak ingin ketinggalan zaman dengan terus mengikuti perkembangan teknologi masa kini. Apalagi sekarang harga gadget terbilang sangat murah. Hampir semua orang tua maupun yang muda bahkan anak-anak dapat terhubung satu sama lain hanya melalui genggaman smartphone. Dengan begitu banyak pula yang mencoba hal baru yang sedang menjadi tren sekarang. Semua yang populer pasti diikuti. Tetapi harus tetap memfilter budaya atau tren yang masuk agar tidak terjerumus.

Tempat Penghilang Stress

Media sosial termasuk salah satu cara ampuh untu menghilangkan stress setelah melakukan kegiatan seharian, terutama bagi yang sangat sibuk. Dengan adanya media sosial kita dapat sharing cerita-cerita yang ingin dibagikan agar dapat dibaca oleh orang lain. Selain itu kita dapat melihat berbagai aktifitas yang dilakukan oleh teman kita melalui foto yang mereka unggah ke media sosial. Saat kita menunggu transportasi umum pasti sering merasa bosan, kita dapat membunuh waktu dengan online media sosial sehingga waktu akan berlalu dengan cepat tanpa
disadari. Media sosial menawarkan banyak fitur yang membuat pengguna merasa senang dan menghilangkan stress. Namun, tetap gunakan media sosial dengan sewajarnya dan bijak. Jangan sampai ketergantungan pada media sosial sehingga kita dapat lupa waktu dan membuat tidak produktif.

Sumber Informasi

Belajar dapat dilakukan dimana saja dengan menggunakan internet. Kita dapat belajar di media sosial juga. Sudah banyak media sosial yang digunakan hanya untuk berbagi hal-hal yang bersifat edukasi, menyebarkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembacanya. Dengan media sosial kita juga dapat membaca isu-isu yang sedang banyak diperbincangkan. Selain itu kita juga dapat berpartisipasi untuk menyebarkan berbagai informasi atau ilmu yang bermanfaat. Media sosial juga dapat digunakan untuk mencari donasi untuk membantu sesama.

Membangun Jaringan

Di media sosial kita dapat bersosialisasi dengan orang yang lintas negara secara mudah dan cepat. Media sosial juga dapat mempertemukan kita dengan orang yang memiliki minat dan bakat yang sama dengan kita. Sehingga kita dapat lebih banyak membangun jaringan untuk saling berbagi informasi ataupun berbicara mengenai bisnis. Jika ada yang berjualan di media sosial, media sosial juga dapat dikatakan untuk membangun jaringan karena dengan media sosial penjual dapat memperoleh pembeli dari penjuru negara atau bahkan dunia. Selain itu, sekarang banyak perusahaan sebelum merekrut calon karyawan mereka mengecek media sosialnya terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu kepribadian calon karyawannya melalui media sosial sebagai bahan pertimbangan.

SUMBER :


Media sosial, kini tengah menjadi trend baru dikalangan pengguna internet. Ditambah dengan perkembangan smartphone dan aplikasi mobile yang begitu pesat menjadikan media sosial sebagai ruang hidup kedua bagi sebagian besar pengguna internet. Facebook, Twitter, Path, Instagram, Line dsb. Itulah beberapa dari media sosial yang tengah populer terlebih di Indonesia. Berikut beberapa alasan yang membuat sosial media selalu digunakan oleh manusia

  1. Sebuah Trend


    Sosial media seakan sudah menjadi sebuah Trend yang memiliki pengaruh tinggi terhadap perkembangan zaman. Dengan semakin banyaknya orang menggunakan sosial media maka tak heran banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas dan mempostingnya kedalam sosial media tersebut.
    Selain itu, kepopuleran sosial media dianggap sebagai sebuah kecanggihan yang harus dimanfaatkan agar kita pun tidak dianggap sebagai orang yang kuno, kolot, serta tidak ketinggalam zaman.

  2. Bisnis


    Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek. Bertambahnya jenis sosial media yang semakin bervariasi, mulai dari sosial media personal, blog, biro jodoh bahkan eCommerce juga turut mendukung berkembangnya perjalanan bisnis tersebut.

  3. Pertemanan
    Gambar terkait
    Salah satu fungsi Sosial Media adalah pertemanan, kita dapat dengan mudah berteman dengan siapa saja hanya dengan sekali ‘Klik’. Dengan alasan inilah, mengapa orang sangat tertarik menggunakan sosial media. Selain dapat berteman dengan orang orang dari belahan dunia, di dalam sosial media ini juga kita dapat terhubung dengan element element yang ada di masyarakat seperti pemerintah, selebritis, serta beberapa orang yang memiliki pengaruh besar di dalam kehidupan kita.

  4. Informasi
    Hasil gambar untuk informasi media sosial
    Selain pertemanan, salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan sosial media adalah untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat tentang apa yang sedang terjadi di sekitar kita bahkan mencakup seluruh dunia. Informasi tersebut biasanya selalu menjadi topik terhangat, dan menjadi sebuah Trending Topic yang marak dibicarakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di seluruh dunia.

  5. Media curahan hati
    Gambar terkait
    Dengan akun punya kita sendiri, kita dengan bebas dapat mengetikkan apapun yang kita inginkan. Apakah itu tulisan marah, kritikkan, senang atau sesuatu yang aneh. Jadi, media sosial adalah pelepas perasaan yang luar biasa. Akan tetapi, alasan ini dinilai cukup tidak efektif, karena apapun curhatan yang ditulis/ di-post jikalau ada orang jahat yang ingin melakukan hal negatif pasti kita sendiri yang akan terkena imbasnya. Jadi berhati-hati jika menggunaka sosial media.

Sumber :