Kenapa Serigala Melolong pada bulan Purnama?

Apakah kamu pernah memperhatikan, mengapa setiap kali bulan purnama, serigala selalu melolong? Apa hubungannya Serigala melolong dan Bulan yang sedang purnama?

Pada dasarnya Serigala melolong untuk memberitahu lokasi mereka ketika sedang berburu sendirian di dalam hutan. Serigala juga akan melolong ketika mereka sendirian. Konon, lolongan anjing atau serigala saat sendirian merupakan ekspresi kesedihan. Namun, melolong juga merupakan sesuatu yang menular di kalangan para Serigala. Kalau ada satu Serigala yang melolong, Serigala-serigala lain pasti ikut-ikutan melolong. Lolongan serigala menjadi semacam lolongan berantai.

Pada saat purnama, anjing dan serigala selalu melolong untuk berkomunikasi dengan anjing-anjing lainnya. Bisa jadi, lolongan tersebut sebagai ajakan untuk bertemu, ajakan untuk berburu, atau sekadar ekspresi kegembiraan atau kesedihan. Berdasarkan penelitian, memang tidak ditemukan hubungan ilmiah antara serigala yang melolong dengan pengaruh Bulan purnama. Namun penelitian yang dilakukan oleh sebuah organisasi bernama Asosiasi Medis Dokter Hewan Amerika, pada tahun 2007 menemukan hal yang menarik. Konon, klinik-klinik hewan lebih sering menerima pasien anjing dan kucing yang sakit atau kecelakaan pada waktu Bulan purnama.

Menurut ahli biologi di Taman Nasional Yellowstone, Doug Smith, ada tiga alasan utama mengapa serigala melolong yaitu :

Pertama, untuk memberi tahu pada serigala lain kalau wilayah tersebut adalah wilayah kekuasaannya.

Kedua, serigala melolong untuk mencari anggota kawanannya yang terpisah.

Ketiga, serigala melolong untuk menjaga hubungan dengan anggota kawanannya. Namun saat masa beristirahat, tidak ada lolongan serigala sama sekali.

Sumber

https://bobo.grid.id/read/081626845/apakah-benar-serigala-melolong-ke-arah-bulan-purnama-akubacaakutahu?page=all

Serigala lebih sering melolong di malam hari karena mereka adalah satwa nokturnal, Namun, sebenarnya, serigala bisa melolong kapan saja, tidak hanya waktu malam. Meski ia melolong saat malam hari, bukan berarti ia melolong ke arah bulan. Saat melolong, serigala memang mengarahkan kepala dan moncongnya ke atas. Sehingga tampak sedang melolong ke arah bulan. Sebenarnya, serigala melakukan ini agar suaranya terdengar sampai ke tempat yang jauh.

Asal Cerita Serigala Melolong saat Bulan Purnama

Cerita ini adalah cerita yang sudah ada sejak dulu. Orang-orang di zaman dahulu lebih sering ke luar tempat tinggalnya di saat bulan purnama. hal itu disebabkan cahaya bulan purnama bisa menerangi jalan yang gelap. Kemungkinan, karena itulah mereka lebih mendengar lolongan serigala pada saat bulan purnama. Padahal sebenarnya serigala bisa melolong kapan saja untuk menjaga wilayah kekuasaan, memanggil anggotanya, atau berkomunikasi dengan sesama serigala.

Ini juga yang jadi asal mula nama wolf moon di bulan Januari. Serigala lebih sering melolong di bulan ini karena ini adalah musim kawinnya. Selain itu, dahulu penduduk asli Amerika dan Eropa mendengar lolongan serigala saat bulan purnama di bulan Januari. Karena saat bulan purnama muncul, merupakan puncak musim dingin, sehingga para serigala sedang kekurangan makanan.

1 Like