Kenapa sebagian besar cacing gelang hidup di dalam tubuh hewan kucing?

Tolong-Kucing-Saya-Kenapa-Tidur-Terus-Ya

Kucing adalah hewan peliharaan yang paling banyak disukai oleh sebagian orang. Karena lucu dan gemes nya tingkah lakunya, hal itu mendapatkan perhatian dari semua orang. Namun bila hewan kucing peliharaan kita sakit, hal itu menjadi bahaya dan dapat mematikan kucing tersebut. Seperti infeksi cacing gelang yang dapat membuat kucing mencret (kadang – kadang ada bercak merah), muntah – muntah, kurang nutrisi.

Karena Sebagian besar hidup cacing gelang berada di dalam tubuh kucing. KarenaTelur yang dihasilkan cacing dewasa dikeluarkan melalui kotoran. Telur cacing sangat resisten dan dapat bertahan dilingkungan kering. Telur cacing ini dapat rusak bila terkena larutan Hypoclorit (Pemutih) selama 10 menit.
Selain melalui telur cacing yang dikeluarkan lewat kotoran, induk kucing juga dapat menulari anaknya lewat air susu. Tikus juga dapat berperan dalam menyebarkan dan menularkan cacing.
Untuk mengetahui apakah kucing terserang cacing atau tidak, biasanya dengan memeriksa contoh kotoran kucing di bawah mikroskop. Pemeriksaan ini biasa dilakukan oleh dokter hewan. Pada kotoran kucing tersebut akan terlihat adanya telur cacing. Terlepas ditemukan atau tidaknya telur cacing pada kotoran kucing, pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala.