Kenapa pipi mengalami pembengkakan saat sakit gigi?

Sakit gigi tentunya sangat menganggu apalagi jika sakit gigi tersebut sampai menyebabkan pembengkakan pada pipi.
wtooth-6

Karena Gigi Berlubang
Menurut Spesialis Gigi & Mulut drg Samdharu P, M SpProst, disebabkan gigi berlubang dalam rasa sakit dan bengkak itu disebabkan terbukanya jaringan pulpa, yang berisikan saraf gigi yang sudah mengalami infeksi. Sakit gigi yang berangsur-angsur lama akan sangat berbahaya jika tidak diatasi dengan benar oleh spesialis gigi. Karena gigi yang berlubang harus mendapatkan perawatan intensif saluran akar gigi secara khusus. Namun, dampak yang ditimbulkan membuat akar gigi menjadi nyeri sampai ke bagian dalam dan menghasilkan pembengkakan sampai bagian luar (pipi).

Tumbuhnya Gigi Bungsu
Penyebab bengkak seperti itu juga dirasakan oleh tumbuhnya gigi bungsu (bagian dalam) secara normal, maka proses pertumbuhanya menekan gusi sampai timbul rasa sakit sampai bengkak. Namun, hal ini wajar jika Anda merasakan tumbuh gigi bungsu pada usia 17-25 tahun.

Walau pada masalah gigi bungsu itu tidak semua terdapat di gigi Anda, jangan salah ketika mencapai usia 40 tahun pun dapat merasakan sakit yang sama, meski pertumbuhan gigi bungsu tidak sempurna. Jadi, tetap waspada bagi Anda yang belum merasakan kemunculan gigi bungsu tersebut.

sumber : http://ciptadent.co.id/kenapa-pipi-bengkak-saat-sakit-gigi/