Kenapa pada Facebook tidak ada fitur 'dislike'?

ux

(Iqbal Putra Santosa) #1

Facebook sangat terkenal dengan tombol ‘Like’ nya yang menandakan bahwa kita menyukai apa yang ditulis atau suatu hal yang di kirim oleh seseorang di Facebook, namun kenapa tidak ada tombol ‘dislike’ untuk postingan yang tidak kita sukai? Menurut kalian apa alasan Facebook tidak memberikan fitur dislike seperti pada Youtube?


(Yusriyah Rahmah) #2

Facebook adalah sosial media yang diciptakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, maka aplikasi tersebut untuk mempererat hubungan masyarakat. Fitur dislike akan memengaruhi hubungan baik antar netizen, oleh karena itu mungkin Facebook tidak menyediakan fitur Dislike, akan tetapi menyediakan kolom komentar untuk berpendapat. Lagipula manusia sangat senang apabila mendapatkan reward, maka netizen akan sangat senang bila mendapatkan Like, dan itulah salah satu alasan yang membuat netizen gemar mengunjungi aplikasi tersebut.


(Hetti Marthaningrum) #3

Menurut Sammi Krug yang merupakan Product Manager Facebook Reaction, Facebook memutuskan untuk tidak membuat tombol dislike karena pilihan menyukai ataupun tidak menyukai sebuah postingan di Facebook terlalu sederhana. Oleh karena itu Facebook tidak mengembangkan fitur dislike. Simple saja apabila kita tidak menyukai sebuah postingan maka tidak perlu memberi like. Facebook telah menyediakan ruang komentar, disinilah kita bisa memberi saran ataupun kritik terhadap suatu postingan.


(Himawat Aryadita) #4

Mark Zuckerberg sendiri telah menjawab pertanyaan tersebut,

Mengapa tidak ada tombol dislike di Facebook lebih dikarenakan karena faktor Psikologi. Pada dasarnya Facebook ingin penggunanya lebih berani untuk selalu berbagi terkait apa saja yang ada pada diri pengguna atau apa saja yang terjadi di sekitar pengguna.

“Some people have asked for a dislike button because they want to say, ‘That thing isn’t good.’ And that’s not something that we think is good for the world. So we’re not going to build that,” Mark Zuckerberg, Founder Facebook

Apabila terdapat tombol dislike, dikuatirkan pengguna tidak berani untuk berbagi informasi dikarenakan takut mendapatkan dislike dari pengguna yang lain.

What Facebook is trying to avoid: the less cordial, more negative interactions, such as up voting and down voting. Facebook also does not want to discourage people from sharing or liking as freely as they do now on Facebook.

“While many users love the idea of Facebook adding a dislike button, I don’t think there are many users who are dying to have their own content disliked,”

"Like music that auto-plays on profiles or the ability to have animated profile backgrounds, there are many things users want for themselves, but don’t enjoy when given to others in their social network. " Tom Whitnah, Facebook Engineering Manager

Salah satu cara mengekspresikan ketidaksetujuan terhadap sesuatu adalah dengan menuliskannya di kolom komentar.

Oleh karena itu, faktor user experience dan psikologi penggunalah yang lebih dominan mengapa Facebook berkeras hati tidak menyediakan tombol dislike walaupun banyak pengguna facebook yang menginginkan tombol dislike.

Fitur dislike atau downvote memang menjadi diskusi yang menarik, mengingat banyak situs sosial yang menggunakan fitur tersebut dan banyak yang tidak. Semua tergantung tujuan dan keinginan kita terkait maksud dan tujuan situs yang kita buat.

Referensi :