Kenapa orang zaman dahulu umurnya lebih panjang? (padahal tidak)

Usia harapan hidup (life expectancy) adalah perkiraan tahun hidup dari manusia yang tinggal di suatu wilayah dalam waktu tertentu.

Parameter ini cocok untuk kita jadikan ukuran siapakah yang umurnya lebih panjang: orang zaman dahulu atau orang zaman sekarang?

1.Orang jaman dahulu memiliki pola makan yang sehat dan teratur
Di jaman yang serba modern ini semakin beragam pula berbagai jenis makanan yang djajakan di pasaran. Jika pada jaman dahulu orang cenderung setiap hari pergi ke pasar untuk membeli sayur-sayuran terutama yang wanita. Bahkan banyak juga yang menanam sayur di kebun dan pekarangan rumah untuk dipetik dan dimasak sendiri, namun sekarang berbeda keadaannya yaitu kebanyakan makanan yang dikonsumsi serba instan atau siap saji dan tidak sehat karena banyak bahan-bahan campuran seperti zat pewarna, zat pemanis dan zat pengawet.

Zat – zat tambahan inilah yang sebenarnya harus dihindari, karena jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya. Selain itu kebanyakan makanan banyak yang kadar kolesterol dan lemak yang tinggi. Maka dari itu orang jaman dahulu lebih sehat dibandingkan orang sekarang karena hanya makan yang alami yaitu sayur dan buah yang langsung dipetik dan ditanam sendiri.

2.Orang jaman dahulu lebih banyak bekerja yang sekaligus berolahraga
Kebutuhan setiap hari mendorong seseorang untuk bekerja agar dapat mencukupi kebutuhannya, Jika orang jaman dahulu cenderung memiliki pekerjaan yang menggunakan tenaga ekstra misalnya menjadi seorang petani dan buruh, jika sekarang ini jaman sudah modern banyak diciptakan alat-alat yang membantu manusia dalam bekerja misalnya traktor, mesin cuci dan lain-lain.

Di sisi lain memang manusia dapat terbantu dengan adanya alat-alat tersebut namun di sisi lain manusia menjadi malas dan kurang bersemangat. Selain itu badan menjadi kurang sehat karena sedikit mengeluarkan keringat.

Sumber: