Kenapa Orang yang Punya Hipertensi Harus Banyak Makan Serat?


Hipertensi tidak boleh disepelekan. Dengan perawatan dan penerapan gaya hidup sehat, tekanan darah bisa dijaga dalam batas normal untuk mencegah terjadinya komplikasi hipertensi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan asupan serat harian Anda tetap terpenuhi. Bagaimana cara merancang pilihan makanan untuk hipertensi yang tinggi serat?

Di samping mengonsumsi obat hipertensi yang sudah diresepkan dokter, makanan juga berperan penting untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Salah satu asupan makanan untuk hipertensi yang harus selalu dipenuhi adalah serat. Sejumlah penelitian yang pernah dipublikasikan dalam Journal of Hipertension menemukan bahwa asupan serat tinggi terkait dengan penurunan angka tekanan darah sistolik dan diastolik yang lumayan besar bagi pengidap hipertensi.

Tekanan darah diastolik adalah angka yang ada di bawah dalam bacaan tekanan darah. Meski angka atas (sistolik) lebih penting daripada angka bawah, namun keduanya tetap memengaruhi kesehatan jantung. Tidak hanya itu, para ahli juga menyebutkan bahwa penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik juga terlihat pada orang yang tidak memiliki tekanan darah tinggi. Periset mencatat bahwa 8 minggu peningkatan konsumsi serat mungkin diperlukan sebelum tekanan darah bisa menurun.