Kenapa Musang Pandan dapat memberikan aroma daun pandan?

image

Saat ini mulai banyak orang yang peduli dengan keberadaan Musang. Banyak komunitas pecinta hewan yang juga menjadikan Musang sebagai peliharaan atau pet. Musang konon mudah dipelihara, namun demikian membiarkan Musang hidup bebas di alam liar adalah hal yang jauh lebih baik bagi Musang. Apalagi musang pandan yang mempunyai aroma daun pandan, kenapa hal itu terjadi?

Musang Pandan merupakan salah satu jenis musang yang paling terkenal ketimbang saudara-saudaranya sesama musang. Dinamakan musang Pandan karena hewan ini mengeluarkan aroma tubuh yang mirip dengan harum daun pandan. Namun kadang kala bau tersebut justru akan terasa begitu menyengat sehingga memuakkan.
Musang Pandan ini ternyata memiliki banyak nama panggilan. Selain dikenal dengan nama musang pandan, musang ini juga dikenal dengan nama musang Luwak, Luak atau Luwak, Musang Pulut (Malaysia), Careuh Bulan (bahasa Sunda), Toddy Cat, Common Musang, House Musang, dan Common Palm Civet.
Dulunya, musang Pandan dianggap sebagai hama yang meresahkan oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan hewan ini merupakan salah satu predator utama yang mengintai ayam-ayam yang dipelihara oleh warga setempat.