Kenapa mobile apps harus dihapus?

Belakangan ini, mobile apps semakin populer seiring dengan populernya gadget mobile seperti handphone, tablet, dan sebagainya. Meskipun mobile apps terus berkembang, developer juga terus menerus mencari pengganti mobile apps. Apa yang membuat developer beralih dari mobile apps? Kenapa mobile apps harus dihapuskan?

Mobile Apps Sudah Tidak Jaman?

Di zaman yang serba mobile ini, sebagian besar aplikasi yang kita gunakan harus diunduh dan diinstall terlebih dahulu. Aplikasi mobile dapat memakan memori gadget yang kita gunakan. Bahkan, dalam penggunaannya, beberapa aplikasi tidak dapat berjalan optimal dikarenakan spesifikasi gadget yang kurang memadai. Banyak aplikasi mobile yang fungsinya kurang atau tidak compatible dengan gadget yang pengguna punya.

Solusi dari masalah mobile apps adalah web apps. Web apps sendiri adalah aplikasi yang mirip dengan mobile apps, tetapi hanya diakses lewat browser. Beberapa orang seperti Steve Jobs, mengatakan web apps adalah pengganti dari mobile apps. Ini dikarenakan web apps lebih mudah diakses tanpa perlu menginstall apapun selain browser. Aplikasi pada web apps bentuknya kurang lebih sama dengan mobile apps, namun jauh lebih efisien dan mudah diakses. Pada web apps, semua pemrosesan terkait dengan aplikasi tersebut diserahkan pada server. Gadget kita cukup menerima dan menampilkan informasi yang didapat dari aplikasi tersebut. Web apps juga lebih mudah digunakan karena cross-platform. Developer cukup membuat satu web apps untuk semua platform. Ini tentu memudahkan dalam proses pembuatan aplikasi. Tetapi, pengganti dari mobile apps ini masih belum bisa sepenuhnya menggantikan mobile apps.

dapp

Mobile Apps sangat mengganggu

Kalimat itu sangat sering terlontar dari mulut user smartphone akhir akhir ini, memang dengan perkembangan jaman sekarang ini orang mulai perlahan meninggalkan mobile apps dan beralih ke web apps atau aplikasi berbasis web yang hanya memerlukan satu bowser bias mengakses segalanya.

Berikut alasan mobile apps harus dihapus :

  1. Terlalu banyak memakan memori smartphone
    Pada saat ini memang pada umumnya aplikasi memiliki berat yang besar, umumnya sekarang memiliki ukuran 100mb keatas sehingga akan sangat mengganggu jika memiliki gadget yang memorinya rendah.

  2. Memakan ram
    Suatu mobile apps tentunya juga akan membutuhkan ram untuk berproses jadi tentu akan mengganggu jika banyak aplikasi yang dijalankan

  3. Ribet jika terlalu banyak aplikasi
    Tentunya jika mempunyai banyak aplikasi kita akan susah untuk mengakses untuk tujuan tertentu, jadi jika menggunakan web apps kita hanya perlu mengakses satu browser

image

ALTERNATIVE SELAIN MOBILE APPS

Mobile apps merupakan teknologi yang sudah cukup biasa di genggaman kita, Lebih lanjut lagi banyak sekali mobile apps yang mungkin kita butuhkan dan sebaliknya. Ada saat di mana suatu mobile apps tersebut tidak sesuai dengan harapan kita. Selain itu, terkadang Mobile apps juga tidak dapat digunakan pada sembarang platform. Kekurangan lainnya, untuk memilki sebuah mobile apps membutuh memori yang cukup besar pula pada gadget Anda dan terkadang tidak praktis. Keterbatasan kemampuan Gadget anda yang mungkin tidak bisa di upgrade juga membuat suatu mobile apps tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, saat ini banyak pihak yang beralih menggunakan Mobile web yang memiliki prinsip “develop once run everywhere”, yang berarti dapat beroperasi pada lintas platform dalam sekali pengembangan. Mobile web adalah halaman HTML berbasis browser yang diakses menggunakan perangkat portable (smartphone atau tablet) melalui jaringan telekomunikasi selular (WiFi, 3G atau 4G).