Kenapa masyarakat Indonesia rasis?


(Dwi Cindy) #1

Saya selalu bertanya, mengapa masyarakat di Indonesia ini masih belum bisa menghargai perbedaan? padahal Indonesia merupakan negeri seribu budaya. Menurut kalian apa penyebab rasisme di Indonesia?


(Anavira Nuravita) #2

Masyarakat Indonesia adalah salah satu masyarakat yang mayoritas orang-orangnya terlalu memeluk prinsip “if you’re different, then go away”. Suatu perbedaan dianggap sebagai sebuah pagar pembatas untuk bersatu. Perbedaan ras, agama, suku, budaya, dan hal-hal lainnya dipandang tidak wajar. Rasisme ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor dari tindakan yang tidak terpuji ini adalah adanya sinetron-sinetron yang sedang marak di dunia pertelevisian Indonesia. Bisa dilihat dari hal kecil, sinetron Indonesia sering sekali menampilkan secara jelas penindasan terhadap golongan yang dianggap lebih rendah. Dan biasanya golongan menengah ke bawah tersebut diperankan oleh orang dengan logat Sunda atau Jawa, sedangkan si penindas tersebut memiliki gaya khas sosok dari kota metropolitan. Hal ini memang sekilas dianggap tidak ada hubungannya dengan rasisme yang terjadi di kehidupan nyata, namun jika diteliti lebih dalam lagi justru ini lah yang menanamkan sebuah mindset bahwa seseorang dengan gaya ciri khas daerahnya cenderung memiliki level yang lebih rendah sehingga orang yang sudah termakan sinetron tersebut bisa saja memperlakukan orang yang seperti itu sedemikian rupa.
Yang telah saya sebutkan itu memang bukan faktor utama penyebab rasisme di Indonesia. Itu hanyalah salah satu faktor “kecil” yang memacu rasisme. Karena memang rasisme dalam bentuk penindasan golongan yang lebih rendah ini lah yang paling banyak terjadi di negara ini.