Kenapa kultur pop Jepang bisa sangat terkenal di seluruh dunia?

jepang
budaya
populer
invasi
modern

(Saintia) #1

Selama beberapa dekade ini, Jepang seakan menguasai lahan entertainment di dunia dengan invasi kulturnya lewat animasi, game, barang elektronik, dll.
Apa yang menyebabkan kultur Jepang bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat global di dunia ini?


(Achmad Lintang Wiranandha) #2

Saya akan berbagi dari segi entertainmentnya saja yang dibagi menjadi dua bagian: anime dan game.

Anime
Bicara tentang entertainment Jepang tentu tidak lepas dari tontonan masa kecil kita: Anime atau animasi Jepang.

Koichi Iwabuchi selaku peneliti budaya dan media mendeskripsikan anime Jepang sebagai “media tak berkultur”. Maksudnya adalah anime sebagai media hiburan anak anak di seluruh dunia tidak terpaku pada satu kultur dan bisa tampil untuk seluruh penikmatnya kendati budaya, etnis dan kebangsaannya.

Jika kita ingat film animasi seperti Dragon Ball yang mengisahkan manusia dari planet lain, Astroboy yang merupakan robot simpatis dan hampir semua anime tersebut menjadi landasan anime kontemporer anime sekarang seperti Attack on Titan atau Mobile Suit Gundam.

Anak anak maupun kita semasa muda hanya menontonnya saja tanpa berpikir lebih dalam bahwa anime tersebut dibuat oleh studio Jepang yang otomatis memiliki unsur kultur Jepang pula. Tidak, kita menikmatinya ceritanya dimana pahlawan menyelamatkan orang orang yang dekat dengannya tanpa harus memperhatikan siapa dan darimana anime tersebut berasal.

Maka dari itu, berdasar dari alasan inilah, anime hingga sekarang mudah diterima oleh masyarakat dunia.
Menariknya, anime bertema kultur tradisional jepangpun seperti Samurai X, Yu Yu Hakuso, dll memiliki appeal nya sendiri karena fans anime ingin lebih mendalami kultur Jepang lewat anime yang menghibur.

Elektronik
Coba kita lihat sekeliling kita, merk apa saja yang dimanufaktur oleh perusahaan Jepang? Mulai dari layar PC anda, sepeda motor atau mobil yang anda pakai setiap hari, hingga konsol game yang anda mainkan.
Secara spesifik, saya ingin menggaris bawahi soal game.

Sederhananya, perusahaan pembuat game yang dari dulu hingga sekarang berjaya di lahan gaming adalah perusahaan dari Jepang. Sony dengan PlayStation, Nintendo dengan koleksi konsolnya. Belum lagi studio game Jepang yang benar benar sukses memberikan kita franchise game dari jaman game polygon hingga virtual reality seperti Square Enix dengan Final Fantasy nya atau Bandai Namco dengan game game animenya.
Produk elektronik buatan Jepang memiliki kualitas tinggi yang awet dan franchise game yang menjawab semua keinginan gamer di seluruh belahan dunia.

Mari lihat Final Fantasy sebagai contoh.
Final Fantasy adalah game RPG yang diproduksi oleh Square Enix yang sekarang (per 2016) memiliki 15 game utama ditambah lusinan game sampingan (spin-off).
Final Fantasy memberikan pengalaman gaming taktis yang populer bagi gamer segala kalangan mulai dari laki laki hingga wanita, tua maupun muda. Tidak hanya itu, Final Fantasy memberikan gebrakan baru di dunia gaming dengan caranya menceritakan kisah game nya dimulai dari Final Fantasy VII yang menampilkan transisi sinematik.

Jadi gamer tidak hanya bermain game saja, tapi juga bisa merasakan intensitas jalannya cerita lewat film pendek yang diberikan disetiap menyelesaikan misi/chapter cerita.
Aspek inilah yang menjadikan game game Jepang menjadi populer di seluruh dunia.

Bisa disimpulkan bahwa keterbukaan dan pemahaman customer oleh produsen Jepang memberikan dampak besar bagi majunya budaya pop Jepang.

Info
Metro TV memiliki acara berjudul Kokoto no Tomo yang difokuskan pada eksplorasi budaya Jepang. Acara ini memiliki dua season dengan tajuk “Kokoro no Tomo: Pop” yang menjadi sumber info bagus untuk melihat secara dekat kultur pop Jepang.


(Dinah Lisasari) #3

Menanggapi reply dari @sk8lintang saya setuju jika kultur pop jepang berimpact pada masyarakat luas tanpa pandang budaya, nasionalitas, bahkan pribadi masing masing.

Jika diambil dari sudut pandang fashion, akan sangat terlihat bahwa Jepang memiliki pengaruh besar baik dalam fashion sehari-hari maupun fashion khusus. Contoh yang paling jelas adalah Harajuku fashion. Harajuku fashion terkenal karena konsep street fashion yang artinya semua orang bisa memakainya dan tanpa harus malu, turun ke jalan untuk beraktifitas dan ngumpul bersama sesama komunitas Harajuku.

Harajuku diambil dari sebuah nama distrik di kota Tokyo, dimana sense fashion Harajuku pertama kali melejit ke seluruh Jepang (bahkan dunia). Sejak selesainya Perang Dunia kedua, para komunitas anak muda di Jepang mulai membuat gebrakan di dunia fashion. Pada Olimpiade Jepang tahun 1964, banyak para pemain olimpiade dari seluruh dunia berjalan-jalan di sekitar Harajuku untuk mencari suvenir dan barang unik. Dari fenomena inilah, banyak komunitas anak muda mendorong para pelaku kreatif untuk membuka toko toko di sekitar Harajuku.
Di tahun 1978, mall fashion Laforet dibuka disana. Toko ini disebut-sebut sebagai akar dari fashion Harajuku Jepang.

Esensi dari fashion ini sendiri sebenarnya lebih abstrak dan menitik-beratkan pada penampilan visual yang tabrak warna. Temanya sendiri tidak terpaku pada satu tema pokok saja, tapi bervariatif sesuai keinginan. Contoh tema style Harajuku bisa mulai dari gothic, visual-key, steampunk, Mori-girl, Lolicon, dll.

Karena sense nya yang unik dan bertitik berat pada kreatifitas masing-masing, Harajuku fashion mudah diterima oleh khalayak luas di seluruh dunia. Tidak perlu mampir jauh-jauh ke Jepang untuk melihat fashion Harajuku, cukuplah mencari komunitas Harajuku di sekitar anda atau mencari event kultur Jepang di kota anda.

Harajuku tidak hanya menjadi sebuah fashion dan bisnis, tapi juga menjadi ikon entertainment Jepang. Salah satu penyanyi yang mengadaptasi fashion Harajuku di setiap penampilannya mulai dari video musik hingga konser live-nya adalah Kyary Pamyu Pamyu.

Kyary cepat mendapatkan ketenaran dari lagunya yang catchy dan penampilan Harajukunya yang kadang dibilang “aneh” atau “lucu”. Anda bisa menonton video klip official lagunya di youtube: https://www.youtube.com/user/kyarypamyupamyuTV/