Kenapa kucing sering mendengkur?

image

Kenapa kucing peliharaan sering membuat suara mendengkur ketika bernafas? Adakah kaitannya dengan kesehatan?

3 Likes

Dengkuran kucing diproduksi menggunakan laring (pembukaan ke tenggorokan di mana pita suara terletak) dan diafragma. Menurut scientificamerican.com, suara dengkuran terjadi selama kucing menghirup dan menghembuskan napas, dan dengan frekuensi getaran antara 25 dan 150 Hertz. Diteorikan bahwa frekuensi ini meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan penyembuhan tulang dan otot pada kucing

Kucing mendengkur dalam berbagai situasi dan sebagai respons terhadap rangsangan yang berbeda. Contohnya, duduk di pangkuan manusia (pemilik), ketika menginginkan sesuatu, ketika tertekan atau takut.

Mendengkur pada kucing adalah perilaku normal (biasanya). Sama seperti manusia, kucing memiliki siklus tidur. Jika Anda melihat mereka berkedut, menampilkan kaki “berlari” atau menyentak otot-otot wajah mereka, mereka dalam fase tidur “rapid eye movement” (REM). Kucing juga memiliki fase tidur yang lebih dalam, non-REM dimana mereka benar-benar santai. Ini adalah saat Anda lebih cenderung mendengar mereka mendengkur.

Jika Anda melihat kucing mendengkur sesekali, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Demikian pula, jika kucing Anda selalu mendengkur, dan Anda tidak melihat tanda-tanda penyakit lainnya, kemungkinan besar itu bukan masalah medis.

Ada beberapa alasan mengapa kucing mendengkur, seperti di bawah ini:

  1. Kucing mungkin tidur dalam posisi yang aneh, seperti yang sering terjadi, yang dapat menyebabkan dengkuran sementara.

  2. Kucing kelebihan berat badan, memberi tekanan pada saluran hidung mereka dan menyebabkan mereka mendengkur.

  3. Kucing adalah jenis brachycephalic, misalnya, kucing Persia. Jalur hidung yang lebih pendek dan langit-langit yang memanjang, sebagai hasil dari pengembangbiakannya, dapat menyebabkan tidur yang berisik.

Referensi

Barnard, Elena. 2016. Why Does My Cat Snore?. Why Does My Cat Snore? | Animal Friends. Diakses pada 22 Mei 2020