© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Kenapa kucing kencing sembarangan?

kucing

Kenapa kucing sering kencing sembarangan?

Beberapa hal yang menyebabkan kucing sering kencing sembarangan antara lain :

  • Menandai teritori
    Alasan kucing kencing sembarangan biasanya merupakan sebuah naluri alami untuk menandai wilayah kekuasaannya. Umumnya, hal ini merupakan peringatan agar kucing baru tidak mengganggu wilayah tersebut.

  • Terlalu banyak cahaya masuk
    Apabila cahaya yang masuk cukup banyak, coba pindahkan ke area yang sedikit tertutup sebab beberapa kucing tidak mau kencing jika litter box berada di tempat terlalu terang.

  • Litter box bermasalah
    Pastikan litter box selalu dalam keadaan bersih dan memiliki pasir yang cukup agar kucing mau membuang kotorannya di tempat yang disediakan. Jika memungkinkan bersihkan kotoran kucing minimal dua kali sehari dan ganti pasirnya setiap hari.

  • Area sekitar terlalu bising
    Hal ini cukup mengganggu sebab biasanya mereka tidak terlalu suka kebisingan. Pindahkan litter box apabila tempat ini berada di area yang banyak dilalui orang.

  • Merasa stress
    Kucing yang sering kencing sembarangan mungkin merupakan sebuah tanda bahwa kucing merasa tertekan atau stress yang disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisinya sendiri maupun lingkungan sekitar. Anda yang mencurigai kemungkinan ini wajib memperhatikan perilaku si Manis dan segera membawanya ke dokter hewan apabila sang kucing terkena tanda-tanda stress.

  • Lokasi terlalu lembap
    Kucing tidak menyukai area yang terlalu lembap, termasuk ketika mereka akan buang air. Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan litter box di area kering namun tidak memiliki terlalu banyak cahaya agar mereka dapat kencing dengan tenang

  • Gangguan kesehatan
    Kucing yang sering kencing sembarangan dengan frekuensi cukup banyak mungkin disebabkan oleh gangguan yang ada dalam tubuhnya atau sedang sakit. Gangguan ini mungkin disebabkan karena iritasi saluran kemih, batu ginjal, hingga infeksi tertentu. Apabila Anda mencurigai hal tersebut, segera bawa sang kucing ke dokter langganan.

Sumber:
https://sukakucing.com/2016/04/penyebab-kucing-kencing-sembarangan.html