Kenapa kita perlu memakai tabir surya ketika naik pesawat?

travel-beauty-sunscreen-tabir-surya

Ada banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan soal perawatan diri ketika bepergian. Salah satu perawatan diri yang perlu dilakukan sebelum naik pesawat adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Meskipun pilot dan awak kabin memiliki risiko lebih tinggi terhadap paparan sinar matahari, semua penumpang yang duduk di sebelah jendela juga harus menggunakan tabir surya.

Dr Garshick menambahkan bahwa pentingnya para penumpang untuk melindungi dari sinar UVA. Karena UVA sendiri dapat menjadi penyebab penuaan kulit dan kanker kulit. Dr Garshick pun merekomendasikan agar para penumpang pesawat menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Tabir surya dengan SPF 30 cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Tabir surya harus digunakan sekitar 30 menit sebelum penerbangan. Penggunaan harus diulang setiap dua jam sekali, terutama jika Anda melakukan penerbangan jangka panjang. Selama produk tabir surya yang Anda gunakan sesuai batas, yakni 3,4 ons, Anda bisa membawa tabir surya Anda dalam bentuk krim atau semprot di tas selama penerbangan.

Gunakan riasan yang mengandung SPF
Jika Anda melakukan penerbangan dengan riasan, pastikan bahwa riasan yang Anda gunakan mengandung SPF 30. Aplikasikan kembali produk riasan tersebut setiap dua jam sekali.

“Kebanyakan makeup tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan. Dalam hal ini, tidak masalah selama mengandung tabir surya. Ada beberapa bubuk tabir surya yang bisa digunakan, seperti Colorescience Sunforgettable Mineral SPF 50 Sunscreen. Ini lebih mudah diaplikasikan,” ujar Dr Garshick.

Jika kulit Anda mengering karena tekanan udara yang menurun, Anda dapat menggunakan pelembab yang mengandung SPF. Sehingga kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik sekaligus melawan radiasi berbahaya.

Sumber : https://www.google.co.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/3394158/penting-gunakan-tabir-surya-ketika-naik-pesawat-kenapa