Kenapa jaringan komputer dapat berkembang pesat?

Jaringan komputer berkembang sangat pesat sejak awal abad 20. Tentunya hal itu tidak terjadi melainkan karena beberapa faktor penyebab,oleh karena itu,kenapa jaringan komputer dapat berkembang pesat?

Seiring waktu berjalan semakin berkembang juga teknologi, dengan adanya arus globalisasi dan bertumbuhnya sifat konsumerisme teknologi akan terus berkembang. Jaringan komputer pun akan berkembang terus, karena semakin banyaknya pengguna komputer dan dibutuhkannya akses informasi yang cepat dan aman. Jaringan komputer menjadi tulang belakang dari sebuah organisasi, karena organisasi membutuhkan informasi dan data dari dalam maupun luar organisasi tersebut untuk dapat sukses. Jaringan Komputer tidak hanya membantu dalam menyebarkan informasi, namun membantu menjaga informasi tersebut.

Surat kabar, buku, radio dan telelvisi sudah merupakan bagian kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan bertambah canggihnya teknolgi mikroelektronika, fax dan komputer akan mengambil porsi yang cukup besar dalam dunia informasi di Indonesia. Lima tahun yang lalu, nomor telepon di perkantoran yang khusus digunakan untuk fax masih sangat langka. Saat ini, nomor telepon fax sudah merupakan hal yang lazim digunakan di perkantoran. Hal ini menunjukkan bahwa informasi memegang peranan dalam beberapa bidang penting, seperti bidang usaha, industri dan pendidikan.

Kelancaran proses alih informasi dan pengolahan data akan sangat membantu perkembangan dunia usaha, industri dan pendidikan untuk banyak hal. Proses alih informasi dan pengolahan data akan lebih cepat jika berlangsung antar komputer dibandingkan dengan fax. Dengan demikian, bukan hal yang tidak mungkin jika saluran khusus untuk komunikasi antarkomputer (lebih dikenal sebagai jaringan komputer) merupakan hal yang lazim di masa mendatang.

Satu hal yang membedakan aplikasi jaringan komputer dengan teknologi lainnya adalah tidak adanya batasan dimensi ruang dan waktu. Sebagai contoh, diskusi / seminar / konferensi secara elektronik dapat berlangsung kapan saja, di mana saja bahkan tidak terikat pada batas-batas negara. Globalisasi sangat terasa dengan adanya jaringan komputer.

referensi :


http://rizma.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/06/16/3/

Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan satu perangkat komputer ke perangkat yang lain untuk berbagi informasi umum maupun data penting, berkat adanya jaringan komputer suatu pekerjaan bisa diatasi dan diselesaikan dengan mudah.

Banyak keuntungan yang bisa diambil terutama bagi sebuah perusahaan setelah menggunakan jaringan komputer, salah satunya adalah penyebaran informasi menjadi semakin cepat dan pastinya lebih aman. Komputer hampir menjadi makanan sehari-hari bagi beberapa orang. Teknologi komputer memang yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat umum, karena komputer bisa dibilang mencakup hampir semua bidang. Bidang pangan, kita bisa menggunakan komputer, termasuk otomotif, transportasi, hampir semua berkaitan dengan komputer.

Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi saat ini cukup penting bagi seluruh orang. Karena dengan menggunakan teknologi saat ini berkomunikasi dengan semua orang di dunia menjadi lebih mudah. Hal ini juga melandasi perkembangan jaringan komputer yang juga semakin meluas. Ini pertanda manfaat jaringan komputer semakin banyak digunakan setiap orang, tidak hanya untuk berkomunikasi namun juga mengakses informasi penting lainnya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan teknologi komputer pada jaman sekarang. Faktor ini tak lepas dari kebutuhan masyrakat yang semakin kompleks dari waktu ke waktu.

  1. Kebutuhan Waktu
    Faktor ini mungkin menjadi faktor yang paling penting. Karena masyarakat pada jaman sekarang menginginkan segalanya serba cepat bahkan instan.

    Contoh : Orang ingin membeli suatu barang, dengan adanya teknologi, maka barang yang diinginkan akan cepat tersampaikan.

  2. Kebutuhan Karena Usaha atau Bisnis
    Dalam jaman sekarang, teknologi membantu dalam perkembangan usaha atau bisnis. Teknologi komputer dapat membantu pemasaran, produksi, distribusi suatu usaha atau bisnis. Selain itu teknologi komputer juga bisa mempermudah komunikasi antara pihak usaha dengan pihak konsumen. Seperti pada bidang usaha keuangan, manfaat internet bagi perbankan sangat membantu pada nasabah dalam melakukan transaksi yang dapat dilakukan dimanapun.

    Contoh : Usahawan dapat membuat aplikasi untuk mempermudah konsumennya belanja tanpa harus datang ke tokonya langsung. Dalam hal ini peranan teknologi termasuk dalam website e-commerce yang memudahkan customer berbelanja secara online.

  3. Kebutuhan akan Hobi
    Hobi adalah hal yang penting bagi sebagian orang, contohnya Gamers. Para gamers yang sangat suka dengan game pastinya akan selalu update dengan teknologi game yang lebih canggih. Maka dari itu perusahaan industri game atau komponen game bersaing supaya produknya diminati oleh para kalangan gamers.

    Contoh : Persaingan antara NVidia dengan AMD dalam mengeluarkan VGA untuk game yang lebih canggih. VGA akan selalu update setiap bulan.

  4. Kebutuhan akan Informasi
    Masyarakat pada jaman sekarang tidak terlalu memerlukan koran atau majalah lagi, karena pada jaman sekarang sudah serba digital. Koran bisa diakses langsung diinternet secara gratis, untuk membaca novel, kita bisa beli lewat internet, termasuk majalah, juga gratis. Masyarakat bisa mendapatkan informasi dimana saja.

    Contoh : Untuk mengetahui berita – berita terkini, tidak perlu membeli koran terlebih dahulu, melainkan bisa menggunakan internet dan mengakses koran digital.

  5. Kebutuhan Ilmu
    Untuk jaman sekarang, ilmu bisa didapat dimana saja termasuk dari internet. Dengan teknologi komputer yang berkembang, banyak buku-buku pelajaran bagi siswa atau pelajar yang dapat dilihat secara online. Selain itu, pelajar jaman sekarang sudah mulai dibiasakan menggunakan sistem online dalam pembelajarannya. Dengan adanya teknologi yang mendukung, peran internet terhadap prestasi belajar siswa juga dapat menjadi salah satu alasannya. Karena informasi yang sangat luas pelajar bisa mengakses pelajaran secara online juga.

    Contoh : e-book pelajaran bagi para pelajar dapat mempermudah pelajar dalam belajar, tanpa harus membeli buku.

  6. Kebutuhan akan Dunia Hiburan
    Untuk faktor yang satu ini memang cukup banyak pengaruhnya bagi masyarakat, terutama bagi para remaja. Dengan teknologi yang berkembang, kita bisa memesan tiket bioskop secara online. Selain itu, sekarang sudah banyak game-game online yang bisa dimainkan gratis maupun berbayar.

    Contoh : Game android makin marak karena kebutuhan akan hiburan yang semakin banyak di kalangan masyarakat.

  7. Kebutuhan akan Komunikasi
    Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi semua masyarakat. Sekarang, untuk berkomunikasi tidak perlu harus bertatap muka langsung. Kita bisa berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun tanpa bertatap muka, bahkan juga bisa bertatap muka walaupun dengan jarak yang jauh (video call). Selain itu juga muncul chat jarak jauh yang mempermudah komunikasi.

source :
https://dosenit.com/jaringan-komputer/perkembangan-jaringan-komputer
https://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/penyebab-teknologi-komputer-berkembang-cepat

Jaringan Komputer adalah telekomunikasi digital yang memungkinkan pengguna komputer yang satu dan yang lainnya(terhubung dengan jaringan) dapat berbagi data.

Jaringan Komputer ada berawal dari masalah masyarakat untuk mengirim data. pertama kali adanya “jaringan” adalah dalam pembuatan Telegram hingga akhirnya ke telephone dan terus berkembang pesat hingga sekarang.

Jaringan komputer dapat berkembang pesat hingga sekarang, terjadi karena beberapa alasan.

  1. Berbagi data, Manusia menjadi lebih mudah mengakses data - data, dan juga mengirim ataupun menyimpannya.

  2. Berbagi Printer atau alat lainnya, sekarang kita dapat menggunakan printer, walaupun printernya hanya satu , namun komputer/penggunannya banyak.

  3. komunikasi dan kolaborasi, jaringan komputer sangat mendukung kita untuk dapat mengerjakan tugas dengan kerja sama.

  4. Organisasi, dengan jaringan komputer, Organisasi menjadi sangat terbantu karena dapat melakukan pengumuman dengan mudah , dan juga dapat melakukan rapat mendadak dengan menggunakan video call .

  5. akses nirkabel, salah satu yang menjadi kegemaran masyarakat adalah akses nirkabel. Dengan Akses nirkabel memungkinkan kita untuk mengakses jaringan komputer tanpa harus duduk diam di tempat yang sama. Bahkan kita dapat melakukannya sambil melakukan aktivitas harian seperti belajar,memasak,dll.

  6. proteksi data, dengan jaringan komputer, memungkinkan kita untuk berbagi data dengan aman. Walaupun tidak terjamin 100% aman, masih ada FireWall yang menghadang peretas - peretas untuk masuk ke jaringan komputer yang kita miliki.

Intinya , Jaringan Komputer dapat berkembang pesat karena kebutuhan masyarakat akan kebebasan dalam berbagi data sangat tinggi.





https://dosenit.com/jaringan-komputer/perkembangan-jaringan-komputer

Pada dasarnya, era global dianggap suatu momentum untuk semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena secara mendasar, teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang membantu memudahkan pekerjaan manusia. Dalam hal ini dapat dipahami bahwa teknologi bukan hanya berkaitan dengan barang jadi tetapi segala sesuatu yang memudahkan pekerjaan manusia.

Bagi Negara-negara maju, era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sebuah hal yang menarik. Karena pada umumnya, negara-negara maju melandasi perkembangan negaranya pada kualitas SDM (sumber daya manusia) yang mengembangkan dan memanfaatkan teknologi.

Sedangkan bagi negara-negara yang sedang berkembang pada umumnya belum dapat menyandarkan pengembangan negaranya pada kekuatan teknologi.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan teknologi di suatu negara diantaranya:

1. Sumber daya Manusia

Dalam memanfaatkan teknologi diperlukan SDM yang memiliki kapasitas untuk mengelola teknologi tersebut. Dengan demikian, negara perlu mempersiapkan SDM yang dapat mengelola teknologi. Karena teknologi akan berguna dengan maksimal apabila dikelola oleh SDM yang kompeten dalam menggunakan dan mengembangkannya

2. Kebijakan Pemerintah

Aplikasi teknologi dalam lingkup masyarakat, memerlukan peran pemerintah dalam hal ini kebijakan yang diambil. Kebijakan pemerintah sebaiknya didasarkan pada penelitian. Hal tersebut ditujukan agar kebijakan teknologi yang diberlakukan dalam masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut menunjukan teknologi yang diberlakukan adalah teknologi yang tepat guna dan tepat sasaran.

3. Sarana dan Prasarana Dalam mengaplikasikan teknologi

Diperlukan ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran kerja dari teknologi tersebut. Agar nantinya teknologi yang akan diaplikasikan tidak terkendala oleh sarana dan prasarana.

4. Dimensi budaya Masyarakat

Pada umumnya telah memiliki budaya yang mengikat aktivitasnya. Sedangkan teknologi termasuk ke dalam sesuatu yang baru dalam dinamika masyarakat. Maka, hal yang perlu diperhatikan adalah teknologi yang tidak berbenturan dengan budaya masyarakat. Atau dalam mengaplikasikan teknologi perlu dilandasai oleh pendekatan pada budaya masyarakat, secara perlahan.

Sumber: http://www.eurekapendidikan.com/2014/11/faktor-faktor-yang-mendukung.html