Kenapa ingus warnanya hijau?

Pilek

Biasanya kalau kita pilek, hidung kita akan mengeluarkan ingus. Warnanya hijau. Kenapa ya warnanya hijau?

Virus atau bakteri merupakan dua hal yang diduga jadi penyebab saat seseorang batuk dan pilek. Beberapa orang menduga berubahnya warna ingus menjadi hijau merupakan pertanda kondisi yang lebih serius. Ada juga yang menduga ini pertanda penyakit disebkan oleh bakteri.

Erin K. O’Brien, MD, ahli dari Mayo Clinic Rochester mengatakan ingus yang berwarna kuning kehijauan menandakan seseorang sedang mengalami infeksi. Warna hijau pada lendir muncul akibat enzim yang diproduksi sel darah putih, yang berfungsi melawan infeksi.

Sementara itu Scott Stringer, MD, profesor THT di University of Mississippi Medical Center memiliki pendapat berbeda. Menurutnya ketika ingus berwarna kuning atau hijau tidak selalu menandakan adanya infeksi bakteri atau virus. Sebab, perubahan warna lendir hidung tergantung pada jumlah lendir dan tingkat peradangan. Namun, Stringer menekankan kedua warna itu bisa menunjukkan bahwa seseorang tengah sakit dan sistem kekebalan tubuh menurun.

Menurut sumber lain C.J. van Oss menemukan penyebab yang lain kenapa ingus berwarna hijau. Beliau peneliti dari Departemen Mikrobiologi State University of New York, Amerika Serikat. Katanya, ada neutrofil atau granulosit polimorfonuklir (PMN) yang di dalamnya berisi enzim mielo-peroksidase. Neutrofil itu sel darah putih yang memakan bakteri. Enzim mielo-peroksidasenya mengandung besi dan oksidase. Enzim inilah yang berfungsi untuk memakan bakteri. Bakteri yang mati itu, enzimnya, dan PMN lalu terurai menjadi satu. Campurannya itu banyak mengandung besi yang menyebabkan ingus berwarna hijau.

Sumber : https://health.detik.com/anak-dan-remaja/3184864/penjelasan-pakar-tentang-ingus-yang-berwarna-hijau
http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Kenapa-Ingus-Warnanya-Hijau

Ingus itu merupakan lendir yang ada di hidung. Ingus itu muncul karena jaringan di hidung kita rusak oleh virus penyebab flu. Namanya Rhinovirus. Virus ini suka sekali tinggal di hidung, karena hidung kita lembab.

Bakteri

Hidung kita dihuni oleh beberapa bakteri, misalnya bakteri Pseudomonas pyocyanea dan bakteri Staphylococcus aureus. Dua bakteri ini warnanya beda. Bakteri pertama warnanya biru, sedangkan bakteri kedua berwarna kuning keemasan. Percampuran dua bakteri itulah yang membuat ingus berwarna hijau.

Sel darah putih

Pak C.J. van Oss menemukan penyebab yang lain kenapa ingus berwarna hijau. Pak Oss ini adalah peneliti dari Departemen Mikrobiologi State University of New York, Amerika Serikat. Katanya, ada neutrofil atau granulosit polimorfonuklir (PMN) yang di dalamnya berisi enzim mielo-peroksidase. Neutrofil itu sel darah putih yang gemar memakan bakteri. Enzim mielo-peroksidasenya mengandung besi dan oksidase. Enzim inilah yang berfungsi untuk memakan bakteri. Bakteri yang mati itu, enzimnya, dan PMN lalu terurai menjadi satu. Campurannya itu banyak mengandung besi. Makanya, ingus kita berwarna hijau.

Sumber:
https://health.detik.com