Kenapa ikan Louhan mengeluarkan kotoran berwarna putih ?

Berak putih merupakan parasit yang sering menyerang ikan keluarga Louhan. Penyakit ini boleh dikatakan sebagai penyakit “bawaan” karena protozoa selalu dijumpai pada sistem pencernaan Louhan. Kenapa ikan Louhan mengeluarkan kotoran berwarna putih ?

Hal itu dikarenakan oleh protozoa. Dalam kondisi normal parasit ini kerap dijumpai dalam jumlah kecil pada sistem pencernaan cichlid, pada keadaan tersebut tidak membahayakan ikan yang bersangkutan. Meskipun demikian, apabila kondisi ikan kemudian menjadi lemah, seperti akibat stress, maka parasit tersebut akan segera menggandakan diri. Dengan cepat dan memasuki sistem ikan. Apabila dibiarkan Kematian dapat terjadi apabila infeksi ini sampai menyerang organ-organ vital ikan dan menyebabkan kerusakan fatal pada organ tersebut. Infeksi dapat diperburuk dengan kehadiran infeksi lain seperti yang disebabkan oleh bakteri.

Tanda - tanda Ikan mengeluarkan kotoran berwarna putih , Warna ikan akan cenderung menjadi gelap dan kehilangan nafsu makan. Biasanya diikuti juga oleh gejala perut kembung, namun tidak jarang juga ditemui gejala badan kurus.