Kenapa hasil produksi jagung di Indonesia cenderung rendah jika dibandingkan dengan luas lahannya?

Jagung

Kak kenapa ya hasil produksi jagung di Indonesia cenderung rendah jika dibandingkan dengan luas lahannya? saya juga pernah baca hal ini mempengaruhi tingkat ekspor impor jagung negara Indonesia kak. Apakah seperti itu ya?

1 Like

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki lahan yang luas di dunia. Lahan yang luas ini masih banyak dimanfaatkan untuk usaha bertani di Indonesia. Salah satu bahan pokok yang diusahakan petani Indonesia ialah jagung.

Jagung sering dikonsumsi masyarakat sebagai sumber karbohidrat. Namun, jika diamati, jumlah produksi jagung di Indonesia sangatlah rendah jika dibandingkan dengan luas lahan yang ada. Faktanya, berdasarkan (Suryana, 2007), tidak ada pengaruh signifikan antara hasil produksi jagung. Hal-hal yang mempengaruhi produksi jagung agar optimal ialah penggunaan bibit unggul, pengaturan jarak tanam, dan nutrisi yang diterima jagung saat tumbuh dan berkembang.

Maka dari itu kak sebenarnya dari segi peningkatan hasil produksi lebih tepatnya adalah perbaikan dari segi budidaya, dan input pada saat proses produksi (penanaman) seperti unsur hara, pupuk, dan sebagainya