Kenapa fiber optik lebih dipilih dibandingkan satelit dalam pembuatan jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah jaringan yang memungkinkan komputer untuk saling berkomunikasi dengan cara bertukar data. Dan media yang digunakan adalah dengan kabel fiber optic. Lalu mengapa fiber optic lebih dipilih dibandingkan dengan menggunakan satelit nirkabel?

Jaringan komputer adalah adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer-komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data. Dalam membuat jaringan komputer berskala besar biasa digunakan satelit ataupun kabel fiber optic. Fiber optik adalah sebuah saluran transmisi data, yang terbuat dari helaian serat kaca atau plastik. Serat kaca ini sangat tipis dan halus menyerupai rambut manusia. Kabel fiber optic lebih sering digunakan karena beberapa hal sebagai berikut :

  1. Lebih tahan lama, karena perawatan fiber optic hanya dilakukan 25 tahun sekali, sedangkan satelit 15 tahun sekali.

  2. Dapat mengirimkan data lebih cepat dibandingkan satelit. Kabel jaringan fiber optik dapat beroperasi dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa informasi atau data, Kecepatan transfer data-nya bahkan dapat mencapai 1000 mbps.

  3. Karena bukan mengirim sinyal listrik melainkan gelombang cahaya, kabel jaringan fiber optik mampu mengatasi masalah gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik.

  4. Kabel jaringan fiber optic dapat dengan mudah di-upgrade bahkan tanpa perlu mengubah sistem kabel yang ada. Sedangkan satelit sangatlah terbatas.

Sumber :

https://www.qilat.id/blog/apa-itu-fiber-optik-dan-pengertian-fiber-optik

https://www.inet.net.id/index.php/news-event/news/101-kabel-jaringan-fiber-optik

Fiber optic maupun satelit merupakan saluran transmisi yang digunakan untuk mengantarkan sinyal. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama namun fiber optic lebih dipilih dari pada satelit. Hal itu karena terbukti fiber optic lebih cepat jika disbanding satelit.

Kecepatan satelit dalam mengantarkan sinyal hanya terbatas pada megabyte sedangkan fiber optic hingga terabyte. Dari sisi maintenance fiber optic membutuhkan perawatan minimal 25 tahun sekali sedangkan satelit minimal 15 tahun sekali.

Penggunaan satelit juga tidak boleh sembarangan karena bersifat terbatas, saat ini Indonesia sudah memiliki 5 satelit dan sudah tidak bisa menambah kembali karena kepemilikan satelit dibatasi oleh aturan internasional.

Jika suatu jaringan hanya mengandalkan satelit, dan saat server satelit down, maka jaringan tersebut akan terganggu. Karena sifat satelit yang terbatas jadi, dibutuhkan suatu teknologi baru yang bisa mengcover kekurangan tersebut yaitu penggunaan fiber optic.

Fiber optic memiliki kemampuan membawa banyak data, dapa tmemuat kapasitas yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai terabyte, ukuran kecil dan ringan sehingga menghemat pemakaian ruang, dan juga kebal terhadap gangguan elektromagnetik dan gelombang radio.

Sumber ;


Untuk kelebihan menggunakan kabel fiber optik daripada satelit adalah :

  1. Waktu yang dibutuhkan dalam mengirimkan data dari suatu titik ke titik lainnya lebih cepat menggunakan kabel fiber optik daripada menngunakan satelit.

  2. Penempatan kabel fiber optik biasanya terletak di dalam tanah atau di dalam air, sedangkan satelit harus mengangkasa di atas langit. Dan dari aspek ini makadapat disimpulkan kabel fiber optik lebih tahan terhadap cuaca daripada satelit.

  3. Sinyal yang diberikan kabel fiber optik tidak bergantung pada keadaan cuaca, sedangkan sinyal yang dipancarkan oleh satelit akan berantung pada cuaca. Jika cuaca saat itu hujan maka sinyal yang dikeluarkan akan teredam.

  4. Kabel fiber optik akan memberikan transfer data yang stabil kapan pun tanpa adanya gangguan, sedangkan pada satelit akan terjadi gangguan sesaat ketika terjadi Sun Outage. Sun Outage adalah keadaan dimana bumi, matahari, dan satelit berada dalam satu garis lurus.

Itulah beberapa alasan kenapa kabel fiber optik lebih dipilih daripada menggunakan satelit. Lalu kenapa kabel fiber optik yang dipakai? Kenapa tidak menggunakan kabel lainnya?
Berikut kelebihan yang dimiliki kabel fiber optik daripada kabel lainnya :

  1. Memiliki kecepatan transfer data dan sinyal yang lebih baik daripada kabel lainnya.

  2. Ukurannya lebih tipis dan kecil.

  3. Transmisi yang diberikan oleh kabel fiber optik bisa mencapai kecepatan cahaya. Sedangkan kabel lainnya masih belum ada yang dapat menyamai kecepatan cahaya dari fiber optik.

  4. Tahan terhadap gangguan sinyal radio atau yang sering disebut noise. Pada kabel tertentu akan terjadi noise ketika ada gelombang radio yang melewati jalan kabelnya, sehingga komunikasi yang dilakukan terganggu.

Dan itulah beberapa alasan mengapa kabel fiber optik lebih baik dan lebih dipercayai untuk menjadi media dari jaringan komputer.

Referensi :

http://infoteklae.blogspot.co.id/2014/05/kelebihan-dan-kekurangan-satelit.html

Fiber optik dan satelit merupakan media transmisi yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi atau data agar dapat melakukan pertukaran data.

Fiber optik merupakan saluran transmisi yang terbuat dari fiber glass (serat kaca) yang sangat halus berdiameter kurang lebih 120micrometer. Digunakan untuk mengantarkan jauh lebih banyak sinyal dalam bentuk pulsa cahaya berupa komunikasi maupun data.

Sedangkan, satelit merupakan sebuah benda diangkasa yang berpusat mengikuti rotasi bumi yang diluncurkan dengan bantuan roket.

Alasan menganpa fiber optik lebih dipilih dibandingkan satelit adalah karena kecepatan jaringan fiber optik beroperasional pada keceptan yang tinggi, yaitu mencapai gigabits per second.

Fiber optik mampu membawa data dengan kapasitas yang cukup besar dibandingkan dengan satelit.

Perawatan pada fiber optik dirasa lebih mudah dibandingkan dengan satelit karena satelit mempunyai banyak komponen-komponen kecil.

Fiber optik lebih tahan terhadap suhu dan cuaca, maka data yang dikirim lebih aman dan cepat. Sedangkan satelit sangat rentan terhadap pengaruh atmosfer, sehingga ada kemungkinan data yang dikirim hilang.

Kelebihan lain dari fiber optik adalah tidak dapat disadap sehingga keamanan lebih terjamin dengan baik, dan dapat menjangkau jarak yang jauh, tidak rentan terhadap EMI, dan juga memiliki tingkat transfer data yang lebih tinggi dari yang lain.


https://prezi.com/jt9tessdllhw/media-transmisi-fiber-optik-dan-satelit/