Kenapa di indonesia belum menerapkan wajib militer ?

Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri.

Kenapa di indonesia belum menerapkan wajib militer?

Sebenarnya Indonesia sudah pernah merancang wajib militer pada tahun 2013, bahkan pihak militer pun sudah sangat serius akan hal tersebut dan bagian masyarakat pun juga sudah berancang-ancang dengan kebijakan tersebut. Namun ternyata RUU atau biasa di sebut Rancangan Undang Undang mengenai pertahanan negara tidak dapat meresmikan kebijakan tersebut dikarenakan berbagai alasan.

RUU mengenai Komponen Cadangan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2002 namun belum pernah menjadi prioritas pemerintah waktu itu. Komponen Cadangan yang ketika itu dimaksudkan adalah untuk warga negara Indonesia berusia 18 tahun baik itu pegawai negri sipil maupun buruh. Bahkan menurut RUU ini, jika dengan sengaja kita menghindari wajib militer maka hukumannya tidak main-main yaitu hukuman penjara minimal 1 tahun.

Salah satu alasan mengapa kebijakan tersebut tidak dapat diresmikan adalah karena faktor biaya.
hipwee-58123291ca9ee-640x430

Faktor biaya tentu menjadi alasan utama
sekarang ini tak perlu rakyat indonesia diperintah untuk mengikuti wajib militer, rakyat sendiri yang ingin mengikuti pelatihan militer

kenapa?
karena di indonesia menurut saya pekerjaan militer merupakan pekerjaan yang terpandang dikalangan sosial, maka dari itu banyak warga indonesia yang bercita-cita menjadi abdi negara seperti militer gajinya pun lumayan besar jadi tidak disuruh pun warga indonesia akan mendaftar militer.
dari alasan tersebut wajib militer dirasa kurang tepat diterapkan di indonesia berbeda dengan korea selatan atau negara negara lain yang menerapkan wajib militer, mereka menerapkan wajib militer karena memang antusiasme warga menjadi militer tidak tinggi.

Saya setuju sih kenapa biaya menjadi alasan utama kenapa indonesia tidak menerapkan wajib militer.
Tapi menurut saya indonesia saat ini perlu menerapkan wajib militer melihat mental pemuda indonesia saat ini, contoh saja yang sering kita lihat di TV tawuran antar pelajar bahkan mahasiswa sering terjadi, menurut saya mungkin ini dikarenakan mental mereka yang belum terbentuk dan menurut saya dengan adanya pelatihan militer atau wajib militer mungkin mental mental pemuda seperti ini akan terkurangi.
Ketimbang tenaga pemuda pemuda ini digunakan untuk tawurarn bukankah lebih baik kekuatan mereka digunakan untu mengabdi negara ? bukankah dengan adanya wajib militer mereka dituntut memeiliki badan sehat dan mental sehat?

untuk itu saya menyarankan indonesia perlu menyisihkan dana untuk merencanakan program wajib militer bagi pemuda Indonesia,