Kenapa Bison selalu bersaing demi mendapatkan pasangannya?

image

Bison. Itulah nama dari salah satu jenis lembu yang paling terkenal di Amerika & juga dunia. Jika dibandingkan dengan jenis lembu lainnya, bison bisa dibedakan dengan melihat perawakannya yang kekar & berpunuk, kepalanya yang besar dengan sepasang tanduk pendek yang melengkung, & rambut lebat berwarna gelap yang menyelubungi tubuhnya. Ada 2 spesies bison yang sudah diketahui manusia, yaitu bison Amerika (Bison bison) yang berukuran besar & bison Eropa (Bison bonasus) yang berperawakan lebih kecil.

Bison jantan & betina memiliki penampilan yang serupa, namun keduanya tetap memiliki perbedaan. Jika dibandingkan satu sama lain, bison jantan memiliki fisik yang lebih tinggi, punuk yang lebih menonjol, rambut leher yang lebih tebal, & tanduk yang lebih besar. Musim kawin bison biasanya terjadi pada musim panas di mana pada periode tersebut, bison jantan akan bergabung dengan kelompok berisi bison-bison betina untuk sementara waktu. Untuk mencegah betina tertarik kepada pejantan lain, bison jantan yang sudah bergabung lebih dulu dengan kelompok berisi bison betina akan menghalang-halangi pandangan bison betina dengan memakai tubuhnya yang besar saat ada bison jantan lain yang melintas.

Bison jantan sendiri bukanlah hewan yang mudah menyerah. Jika pejantan penguasa kelompok mencoba menutup-nutupi pandangan bison betina, maka bison jantan di luar kelompok tersebut akan mengeluarkan suara keras untuk menarik perhatian betina. Kalau sudah begitu, maka kedua bison jantan tadi pun akan saling berkelahi dengan cara menyeruduk kepala bison lawannya. Pertarungan berakhir jika salah satu bison menyerah & mundur dari pertarungan memperebutkan betina. Terkesan keras memang, namun pertarungan antar pejantan juga berguna agar betina bisa mendapatkan pasangan kawin yang kuat sehingga bisa melahirkan keturunan yang kuat pula.

Bison tidak memiliki banyak musuh di alam liar. Perawakannya yang besar & kebiasaannya untuk hidup berkelompok membuat hewan predator keburu merasa gentar saat ingin menyerang bison. Namun itu masih belum seberapa. Jika bison merasa marah atau terancam, bison bisa menyerang makhluk yang mengganggunya dengan cara berlari sambil menyeruduk. Kecepatan lari dari bison bisa mencapai 62 km/jam sehingga makhluk apapun yang terkena serudukan bison dapat dipastikan terluka parah atau bahkan tewas. Sejauh ini, satu-satunya hewan yang diketahui sebagai predator bison adalah serigala di mana kawanan serigala biasanya mengincar bison yang sendirian, bison yang sedang sakit, & bison yang masih kecil serta terpisah dari induknya.