Kenapa Bayi Menangis Saat Diletakkan? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya | Fernbaby

Fernbaby - Alasan mengapa bayi menangis saat diletakkan yaitu kecemasan akan perpisahan, pengenalan dengan lingkungan sekitar, kebutuhan akan kehangatan atau fase menangis ungu.

Ada beberapa alasan mengapa bayi menangis saat tidur. Umumnya, kondisi ini tidak serius, tetapi karena masalah umum atau dalam tahap perkembangan anak.

Orang Indonesia menyebutnya sebagai istilah untuk anak bertangan buruk. Yaitu ketika anak terlihat manja, karena sering menangis saat tidur dan ingin digendong.

Sebenarnya, ada penjelasan lain untuk ini. Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Formula Fernbaby untuk Bayi Sehat

Tidak semua susu sama dengan susu Selandia Baru. Negara ini telah mencapai kesuksesan dalam produksi susu dan memiliki jejak karbon yang rendah. Oleh karena itu, Fernbaby Formula New Zealand ingin hadir di Indonesia agar semua orang bisa merasakan manfaatnya.

Selandia Baru atau New Zealand dianggap sebagai negara dengan kualitas susu terbaik. Untuk memenuhi harapan orang tua Indonesia, Fernbaby Newzealand kini memasuki pasar Indonesia.

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Fernbaby berkomitmen untuk membantu anak-anak Indonesia mewujudkan impian mereka melalui makanan dan nutrisi.

Campuran ini dapat digunakan oleh anak-anak hingga 12 bulan. Fernbaby adalah formula nutrisi alami seimbang yang dirancang untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

Makanan seimbang mengandung 102 AA. Dukung perkembangan alami bayi Anda untuk masa depan tanpa akhir.

kandungan DHA 92 mg, kandungan ARA 102 mg. Tidak hanya tinggi DHA, tetapi juga sangat tinggi AA. Fernbaby menciptakan diet yang lebih seimbang tanpa aditif buatan. Saya tidak sabar menunggu dia datang ke Indonesia.

Bayi menangis saat diturunkan

Mengutip National Health Service, semua bayi menangis sejak lahir. Karena menangis adalah cara komunikasi seorang anak. Ini juga merupakan cara untuk memberitahunya bahwa dia membutuhkan kenyamanan dan perhatian.

Tapi apa yang terjadi pada anak yang menangis saat tidur? Hal ini juga terkadang membuat anak sulit untuk tidur di tempat tidur. Jangan khawatir, inilah beberapa alasan mengapa bayi menangis saat direbahkan:

1. Transisi

Transisi dari kehidupan di dalam rahim ke kelahiran di dunia luar bisa jadi sulit bagi beberapa bayi. Setelah melahirkan, perubahan lingkungan dapat mengganggu bayi Anda.

Bayi mengalami situasi baru dan mengadopsi kebiasaan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan di dalam rahim, termasuk tidur telentang.

Perubahan ini membuat bayi tidak nyaman dan menangis saat direbahkan.

Selain itu, masa transisi juga bisa menjadi alasan anak terbangun saat tidur. Ini karena bagian tubuhnya lebih sensitif terhadap gerakan, sehingga dia lebih mudah bangun.

2. Takut berpisah

Dukungan dan sentuhan orang tua serta mengetahui kehadiran orang tua membuat anak merasa nyaman.

Namun, hal ini dapat menyulitkan mereka untuk berpisah dan menyendiri. Ini disebut kecemasan perpisahan.

Alasan bayi menangis ketika mereka tidur adalah untuk memberi tahu mereka bahwa mereka telah kehilangan sentuhan dan perhatian Anda. Ini juga memilih anak dan ingin digendong.

Ini dapat muncul pada jam-jam pertama kehidupan dan umum terjadi pada anak-anak berusia tujuh sampai delapan bulan dan lebih dari satu tahun.

Kondisi ini merupakan tahap alami dari perkembangan fisiologis anak dan sepenuhnya normal.

3. Anak-anak lapar

Salah satu alasan paling umum mengapa anak-anak menangis adalah karena mereka lapar. Terutama di bulan-bulan pertama kelahirannya. Menangis adalah satu-satunya cara bayi mengomunikasikan rasa lapar mereka dan mengingatkan Anda akan kebutuhan mereka.

Adalah baik untuk menyusui bayi secara teratur atau sebelum tidur. Umumnya, bayi merasa mengantuk setelah kenyang, sehingga bayi tidak lagi kesulitan tidur di tempat tidur.

4. Butuh kehangatan

Salah satu alasan bayi menangis saat tidur adalah karena bayi membutuhkan kehangatan dan rasa aman.

Ini mungkin alasan mengapa bayi selalu tidur di gendongan ibunya dan ingin digendong. Hal ini wajar, sehingga bayi bisa mengacau setiap kali ia tidur di tempat tidur atau saat Anda tidur.

5. Tidak Ada Rutinititas

Keteraturan dan keteraturan tidak dapat menciptakan rasa aman dan damai. Meski baru berusia beberapa bulan, otak bayi yang baru lahir sangat cerdas dan dapat mempelajari kebiasaannya sendiri, termasuk mengikuti rutinitas.

Jika anak tidak memiliki aktivitas yang teratur, anak menjadi sulit untuk memprediksi kapan waktunya untuk tidur atau makan. Kurangnya rutinitas bisa membuat bayi rewel dan menangis saat Anda meletakkannya.

6. Tahap menangis ungu

Tahap menangis ungu mengacu pada saat bayi menjadi gelisah dan sulit untuk menenangkannya saat menangis. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa bayi menangis saat tidur.

Biasanya, tangisan ungu dimulai pada usia 2 minggu dan mencapai puncaknya pada 8 minggu.

Tanda tangisan ungu adalah bayi tidak akan menangis kesakitan dan tidak akan tenang setelah mencoba menenangkannya dengan cara apa pun yang diperlukan. Biasanya, kondisi ini hilang dengan sendirinya dalam 12 minggu.

7. Regresi tidur

Regresi tidur adalah suatu kondisi di mana waktu atau pola tidur anak buruk. Biasanya berkaitan dengan proses pembangunan.

Selama 12 bulan pertama, anak berkembang pesat dan dapat mengganggu tidur. Regresi tidur memiliki efek yang lebih besar ketika bayi berusia 4 bulan.

Tangisan bayi saat diletakkan bisa disebabkan oleh kondisi ini. Ini karena beberapa gejala regresi tidur menyebabkan kondisi serupa. Berikut adalah beberapa tanda kemunduran tidur pada anak Anda:

  • Anda sering terbangun atau gelisah di malam hari.
  • lapar dan sering dalam suasana hati yang buruk.
  • Tidur lebih sulit.
  • Tidur pendek atau tertidur.
  • Mudah marah atau kesal.
  • Cara Mengatasi Bayi Menangis Saat Tidur

Ada beberapa tips mengatasi bayi menangis saat tidur, seperti:

  • Biarkan bayi mati sebelum tidur. Ini akan membuat bayi Anda lebih bahagia, lebih tenang dan lebih mudah tidur.
  • Biasakan bayi di tempat tidurnya sendiri.
  • Menemani anak Anda di siang hari. Ini akan membantunya terbiasa tidur di tempat tidurnya atau di tempat baru.
  • Nyanyikan lagu pengantar tidur atau putar musik untuk menidurkan bayi.
  • Lakukan pijatan lembut sebelum tidur agar bayi lebih tenang dan nyaman.
  • Memandikan bayi dengan air hangat dapat menenangkan bayi yang gelisah.
  • Menyusui bayi dapat menghilangkan penyebab bayi menangis saat tidur karena lapar.
  • Banyak bayi tidur saat menyusui. Jika Anda terlihat sangat lelah, lebih baik berbaring.
  • Ketika Anda perlu bergerak tetapi tidak ingin meninggalkan bayi sampai waktu tidur.

Jika bayi tidak tenang setelah mencoba berbagai cara di atas, tidak ada salahnya menggendong bayi untuk menenangkannya.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui alasan dan cara merawat bayi yang menangis jika itu lebih baik untuk Anda dan kondisi bayi Anda. Yuk ikuti Instagram @fernbaby.id ***