Kenapa Azolla menjadi pakan alternatif dan direkomendasikan bagi hewan kambing?

images (1)

Hewan ternak pasti membutuhkan pakan yang mengandung gizi yang baik agar kualitas hewan ternak meningkat. Hewan kambing dapat dibilang baik dan siap jual adalah bila berat kambing sudah mencapai maksimal (tidak bisa bertambah gemuk lagi) dengan kisaran usia deal 1 hingga 1,5 tahun. Selain asupan pakan yang biasa dimakan kambing, seperti rerumputan, daun-daun hijau, ini mungkin akan mudah saja bagi peternak yang di desa, bagai mana dengan peternak yang di kota. Terlebih saat musim kemarau tiba, bahkan yang di desa pun akan kesulitan. Untuk menyiasati kendala semacam itu, sebenarnya Anda sendiri bisa membuat pakan alternatif untuk kambing. Pakan alternatif yang bisa Anda jadikan solusi saat keter sediaan pakan kambing di musim kemarau. Pembuatan pakan alternatif kambing bisa dengan memanfaatkan azolla.

Tanaman Azolla ini adalah sejenis tanaman paku yang tumbuh mengapung pada permukaan air yang tergenang. Azolla memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dari pada tanaman hijau lainnya. Teksturnya yang mudah dicerna pun akan memudahkan kambing untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam azolla. bahkan selain pada kambing azolla juga bisa digunakan sebagai pakan ikan, dan pakan ayam petelur.
Azolla ini bisa Anda panen sepanjang tahun, sehingga bisa menjadi solusi tepat untuk ketersediaan pakan ternak kambing Anda setiap saat. Cara membuat pakan alternatif untuk ternak kambing bisa diambil azolla yang segar lalu dicampur dengan dedak. Namun bisa juga dengan cara fermentasi azolla.
pemberian Azolla ini dimaksudkan untuk memenuhigizi protein pada pakan kambing yang tidak dimiliki oleh tumbuhan hijau lainnya. Dengan metode fermentasi, pakan alternatif azolla pun bisa disimpan dalam waktu yang lama.