Kenapa Astronot Tidak terhempas/jatuh/tertinggal saat keluar dari Pesawat antariksa ?

antariksa
pesawat_antariksa

(dummy) #1

Satelit buatan untuk bisa mendapatkan orbitnya mengelilingi bumi maka pada satelit tersebut harus bergerak / mendapat kecepatan yang sesuai supaya tidak tertarik gravitasi bumi atau terpental dari orbitnya… nah pertanyaanya sering saya lihat di video astronot sering kali keluar dari pesawat entah untuk perbaikan atau perawatan satelitnya tetapi astronot tersebut tidak tertinggal/jatuh dari pesawatnya padahal posisi di luar pesawat ?


(Fikri Rizky Adinata) #2

Hukum Newton : sekali benda bergerak akan bergerak terus selama tidak dipengaruhi oleh gaya lain.

Dalam hal astronot keluar dari pesawat, kecepatan astronot sama dengan kecepatan pesawat (relatif terhadap bumi). Gaya yg berpengaruh keduanya hanya gaya gravitasi (yg diangkasa luar sudah kecil). Akibatnya astronot dan pesawat bergerak pada arah dan kecepatan yg sama.

Harus kamu ketahui bahwa setelah pesawat mencapai orbit, mesin pesawat dimatikan sehingga pesawat tidak meninggalkan astronot yg keluar. Tidak seperti pesawat terbang subsonik yg mesinnya harus hidup terus karena dipengaruhi oleh udara dan gravitasi. Selama astronot tidak mendapatkan gaya lainnya seperti menjejak kaki pada dinding luar pesawat atau menghidupkan roket dipunggungnya, maka astronot akan tetap bergerak seiring dengan pesawat.