Kenapa Anjing selalu mengejar orang yang berlari di depannya?

Pada dasarnya anjing dikembang-biakkan untuk berburu, misalnya anjing jenis terrier yang memiliki naluri mengejar secara natural. Naluri tersebut dikenal dengan istilah prey drive atau naluri untuk mengejar dan menangkap hewan buruan. Prey drive juga menjadi materi utama dalam pelatihan anjing selama berabad-abad. Jadi bukan binatang seperti kucing dan tupai saja yang dikejar, seringkali objek apapun yang bergerak di sekitarnya sudah bisa memicu bangkitnya naluri pemburu tersebut.

Pada dasarnya anjing dikembang-biakkan untuk berburu, misalnya anjing jenis terrier yang memiliki naluri mengejar secara natural. Naluri tersebut dikenal dengan istilah prey drive atau naluri untuk mengejar dan menangkap hewan buruan. Prey drive juga menjadi materi utama dalam pelatihan anjing selama berabad-abad. Jadi bukan binatang seperti kucing dan tupai saja yang dikejar, seringkali objek apapun yang bergerak di sekitarnya sudah bisa memicu bangkitnya naluri pemburu tersebut. Wah, menguntungkan sih kalau dimanfaatkan di daerah peternakan, terutama untuk mengawasi daerah ternak dan rumah.

Karena adanya persebaran dan perkembang-biakan yang meluas, beragam jenis anjing dengan naluri ‘pemburu’ kini bisa berada dimana saja. Pernah punya pengalaman dikejar anjing? Ternyata anjing memang bisa menangkap rasa panik dan kalau kita sampai merespon gonggongannya dengan berlari, besar kemungkinan kalau kita ikut dikejar karena dianggap sebagai objek buruan.

Sumber:
sains.me