Kenali Politik Moderat yuk!

Perilaku politik moderat merupakan wujud perilaku politik yang bersifat selalu menghindarkan diri dari perilaku atau mengungkapkan yang ekstrim, cenderung kea rah dimensi atau jalan tengah, dan mau mempertimbangkan pandangan orang lain. Hal ini ditandai dengan penempatan diri di antara dua kelompok yang berbeda pandangan atau pendapat. Kaum moderat cenderung berusaha mengakomodasi pendapat masing-masing kelompok yang berbeda pendapat, hampir sama dengan oportunis. Sifat oportunis cenderung meletakkan diri di tempat yang menguntungkan dirinya sendiri. Pada sisi kiri atau kanan tidak jadi masalah yang penting dia memperoleh keuntungan dengan sikapnya tersebut. Apabila ada kerugian dia akan berubah sikap sesuai dengan kelompok yang menguntungkan dirinya sendiri.

Sumber https://indoprogress.com/2018/09/sikap-moderat-keluguan-yang-tak-perlu/

Artikelnya bagus, ka izin tanya berarti kaum moderat ini sama seperti ketika kita membaca atau mengomentari sesuatu isu dengan pilihan untuk bersikap netral bukan?

iya betul moderat itu ibaratnya setengah2 dalam memutuskan suatu kebijakan baik itu dari aktor kepentingan maupun kita sbg masyarakat