Kenali jenis makanan yang dapat merusak otak


Sadar atau tidak, kita mungkin telah mengonsumsi minuman ataupun makanan berbahaya setiap harinya. Memang tidak bisa dipungkiri, rasanya yang enak membuat lidah ketagihan. Padahal, ada banyak efek buruk yang mengintai kesehatan tubuh, termasuk kesehatan otak anda. Apa saja makanan itu? Simak dibawah!

Makanan perusak otak !

  1. Makanan dan Minuman yang memiliki kadar gula tinggi.
    Gula memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan menambah kelangsungan hidup sel-sel saraf otak. Hanya saja jika terjadi konsumsi gula yang terlalu berlebihan maka akan memberikan dampak negatif pada respon insulin dan sulitnya penanganan gula darah nantinya. Ketika ini terjadi, maka kita akan menderita diabetes tipe 2, oleh karena itu dibutuhkan pemakaian gula yang cukup dimana takaran yang dianjurkan para dokter otak yaitu hanya mengonsumsi gula tambahan dalam makanan tidak kurang dari 40 gram perhari.

  2. Makanan olahan dan cepat saji
    Makanan olahan dan cepat saji terkadang menjadi makanan favorit bagi mereka yang sibuk, hanya saja makanan olahan dan cepat saji banyak mengandung senyawa kimia misalnya pewarna, pengawet, perasa buatan dan stabilisator. Senyawa-senyawa tersebut memberikan efek negatif atau mampu menurunkan kinerja otak. Oleh karena itu, agar otak kita tidak rusak, sebaiknya hindari makanan olahan dan cepat saji.

  3. Makanan yang memiliki kandungan lemak trans.
    Lemak trans dalam makanan sangat berbahaya bagi otak, walaupun lemak bagus untuk mendorong kesehatan sel otak dan mampu memberikan kejernihan mental tapi lemak trans dapat memberikan sebaliknya, malahan dapat merusak arteri dalam tubuh. Makanan-makanan yang memiliki lemak trans dapat berupa kerupuk dan popcorn microwae dan makanan yang digoreng.