Kenakalan remaja seperti apa yang tidak bisa ditoleransi?

Halo Youdics!
Masa remaja seringkali disebut masa paling labil, masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewa dengan rentang usia 10-19 tahun. Pergaulan remaja masa kini kerap dikaitkan dengan kenakalan remaja, Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun pada saat remaja. Masalah yang kerap menimpa remaja menjadi alasan dan pelampiasan mereka untuk melakukan tindakan menyimpang. Kenakalan remaja bisa disebabkan oleh dirinya sendiri atupun disebabkan dari luar Beberapa faktor penyebab kenakalan remajayang timbul dari dirinya sendiri ialah krisis identitas dan kontrol diri yang lemah, sedangkan penyebab dari luar banyak dipengaruhi oleh keluarga seperti perceraian orang tua, kemiskinan, kekerasan dalam keluarga dan lain-lain. Kebanyakan orang memaklumi kenakalan remaja dengan dalih “Namanya juga anak remaja, wajarlah” Namun sadarkah perkataan yang kerap terucap menjadikan remaja bisa berbuat tindakan menyimpang yang lebih. Nah, Youdics menurutmu kenakalan remaja seperti apa yang tidak bisa ditoleransi?

Banyak sekali kenakalan remaja yang biasanya dilakukan, namun menurut saya kenakalan remaja yang tidak bisa ditoleransi yaitu sex bebas dan narkoba. Mengapa? karena hal tersebut yang membuat generasi muda itu menjadi tidak bermoral dan akan berbuat semena-mena. Dua hal tersebut menurut saya merupakan kejadian yang kerap terjadi di masa remaja. Apabila para remaja sudah sering melakukan hal tersebut, maka bisa menambah kenakalan yang lainnya seperti memperkosa, mencuri uang, durhaka pada orang yang lebih tua, dan menghambur-hamburkan uang.

Padahal kita juga tahu, bahwa remaja itu merupakan usia yang mana banyak hal-hal yang mereka ingin coba-coba. Padahal dengan coba-coba membuat kecanduan. Maka dari itu, peran orang tua, sekolah dan lingkungan sekitar harus menjauhi dari kenakalan tersebut agar para remaja tidak terlena dan tidak ingin mencobanya. Karena sekalinya mencoba, bakalan ketagihan, dan kalau sudah ketagihan akan susah untuk berhenti.

menurut saya ada beberapa kenakalan remaja yang sangat menghawatirkan dan tidak dapat ditolerir, yaitu:

  1. Tawuran.
  2. penggunaan obat terlarang.
  3. berhubungan badan diluar nikah.
  4. melakukan tindakan kriminal.

itu menurut saya yang tidak dapat ditoleransi. alasannya karena selain merugikan diri sendiri hal tersebut bisa merugikan orang lain. contohnya tawuran, selain bikin babak belur, tawuran bisa mengakkibatkan kerugian properti di sekitarnya apabila sampai terjadi kerusakan. tidak hanya itu kalau sampai meninggal orang tua dan keluarga pun ikut sedih.

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT, "KENAKALAN REMAJA SEPERTI APA YANG TIDAK BISA DITOLERANSIKAN?"

gambar

1. PEHAMAHAM TERKAIT KENAKALAN REMAJA.

  • Fenomena Kenakalan Remaja di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan hal-hal yang lebih distruktif dan meresahkan kehidupan masyarakat baik dalam lingkup kecil maupun luas. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu adanya sifat-sifat atau karakteristik genetik yang diturunkan oleh orang tua, serta pengaruh lingkungan yang berkaitan dengan keluarga, sekolah, teman bermain atau lingkungan masyarakat umum. Perkembangan tentang dinamika remaja itu sendiri sangat diperlukan bagi orang tua dan pendidik yang banyak berhubungan dengan mereka. Era globalisasi banyak sekali memunculkan ekses-ekses dalam masyarakat yang berkaitan dengan pola perilakunya. Oleh karena itu, sudah saatnya masyarakat bersama orang tua dan pendidik maupun para profesional menyatukan langkah untuk memahami, mengelola, serta mengajak remaja mengembangkan diri secara positif dan konstruktif sehingga di masa mendatang mereka dapat tumbuh menjadi generasi muda yang dewasa, matang, dan berkualitas.

2. KENAKALAN REMAJA DALAM KONSUMSI NARKOTIKA.

  • Kenakalan Remaja kalau milenial yang sudah menggunakan, maka rentan penggunaan jangka panjang. Sehingga market mereka terjaga dan mereka enggak pusing lagi. Misalnya umur 15 tahun mengunakan narkoba sampai umur 40 tahun, berapa jangka waktu mereka menggunakan narkoba. Mempunyai sebuatan lain dari penggunaan narkotika, yakni imun. Hal itu disebabkan karena penggunaan narkotika semakin meningkat. Mengunakan narkoba ada namanya imun. Jadi akan meningkat, yang tadi mungkin sebutir bisa fly, jadi nanti ditingkatkan 1,5 hingga 2 butir karena itu kebutuhan akan semakin meningkat. Ini yang kita khawatir mengenai narkoba. Untuk itu, ia mengajak segenap pihak untuk memerangi narkotika. Hal itu dilakukam agar tak ada lagi kaum remaja yang mengkonsumsi narkoba.

  • Sedangkan angka penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar di tahun 2018 (dari 13 ibukota provinsi di Indonesia ) mencapai angka 2,29 juta orang. Salah satu kelompok masyarakat yang rawan terpapar penyalahgunaan narkoba adalah mereka yang berada pada rentang usia 15-35 tahun atau generasi milenial.

REFERENSI

Ali, Mohamad dan Asrori, Mohamad. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Antasari, Reni.2011.Skripsi. Hubungan antara pengaruh kelompok teman sebaya (peer influences) dengan intense kenakalan remaja:Surabaya.Airlangga.

Menurut saya kenakalan remaja yang tidak dapat ditoleransi tentu tindakan-tindakan yang melanggar hukum (narkoba, tindakan kriminal, dll) dan juga tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan sosialnya. Ketika seseorang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dan diketahui oleh lingkungan sekitar, maka orang tersebut dapat dikatakan melakukan penyimpangan sosial.

Anak muda memang cenderung ‘bergairah’ untuk mencoba hal-hal baru, namun terkadang tindakannya negatif dan ceroboh. Dalam proses mencari jati diri tentu pasti ada hal-hal positif dan negatif, tergantung bagaimana cara menyikapinya. Hal yang paling penting adalah bersikap sebagaimana mestinya dan tidak merugikan orang lain, baik keluarga hingga lingkungan sekitar. Mencari lingkungan sosial yang baik adalah salah satu cara untuk menghindari kenakalan remaja.

Kenakalan remaja sudah sangat sering muncul di kalangan siswa atau pelajar saat ini. Kenalakan remaja ini berkaitan dengan sikap atau tindakan menyimpang yang dilakukan oleh anak anak usia remaja, baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat luas. Kenakalan remaja dapat timbul karena berbagai hal. Misalnya karena krisis identitas dan lemahnya kontrol diri sehingga ingin mendapat pengakuan di lingkungannya yang salah satunya dengan melakukan pelanggaran norma. Selain itu, kurangnya perhatian dan kasih sayang juga dapat menjadi pemicu kenakalan remaja. Oleh karena itu, pendampingan dan dukungan dari orangtua serta keluarga sangat dibutuhkan. Menurutku ada beberapa kenakalan remaja yang sangat tidak bisa di toleransi seperti konsumsi minuman keras, seks bebas, narkoba, dan tindakan kriminal lainnya yang dapat merugikan dan melukai masyarakat luas seperti ‘klitih’. Kenakalan tersebut tidak bisa ditoleransi lagi karena sudah jelas melanggar hukum dan dapat merugikan serta mengancam masyarakat luas.

Menurut saya, kenakalan remaja yang didak bisa di toleransi yaitu kenakalan remaja yang sudah melibatkan kekerasan ataupun sudah melanggar hukum. Contohnya tawuran dan narkoba. Hal tersebut juga sudah membuat tidak nyaman warga sekitar dan melanggar norma yang berlaku.