Kemunculan awal game ' Pacman '

Duh jadi kefikiran dengan game Pacman alias game JADUULLL SANGAD yang awalnya cuma game 2D yang memakan titik titik seperti game Snack jadul . Namun pacman ini berwarna kuning .
Nah mungkin ada yang tau sejarah game pacman ini bagaimana ? Maklum gan anek kelahiran 2000 hehehe

image

Terima kasih

Langsung aja deh gak perlu basa - basi , jadi
Di era 80-an Toru Iwatani memberi draft permainan asli dari game yang akan dia buat kepada pameran game di Belanda. Idenya adalah dia akan membuat sebuah game yang mudah dimainkan untuk perempuan.

Toru Iwatani pun akhirnya menggambar sketsa papan permainan yang mau dia buat. Dia gambar papan permaiannnya di kertas kotak-kotak menyerupai gambar labirin. Lalu Toru Iwatani membuat sketsa icon dari pemain utamanya dengan gambar seperti sebuah bulatan pizza yang hilang sepotong menyerupai mulut orang yang sedang terbuka kalo lagi mau makan.

Judul aslinya adalah Pakkuman yang terinspirasi dari kemiripan suara “paku-paku” yang berbunyi seperti mulut sesorang yang sedang makan. Ada juga yang bilang bahwa Puck-Man terinspirasi gara-gara Toru Iwatani lagi makan pizza lalu dia berfikir bisa gak yah buat ikon dari pizza ini ? Awalnya Iwatani merancang game ini untuk dimainin sama cewek aja, soalnya dari bentuknya, labirinnya, warnanya, setannya juga lucu kok anak kecil gak bakal takut mainin gamenya hihi. Konsep game pakkuman dikembangkan lebih dari setahun yang termasuk cepat pada saat itu, dengan dibantu oleh Sembilan orang tim yang bekerja sama membuat game pakkuman. Lalu pakkuman diluncurkan pada bulan Februari 1980 di Jepang, tapi masyarakat sekitar kurang suka sama gamenya, karena pada waktu itu yang main game cuma cowok aja mainan game tembak-tembakan gitu. Jadi kemunculan pakkuman kurang mendapat respon.

Lalu game pakkuman dibawa ke AS oleh divisi Bally Midway diganti deh tuh judulnya jadi Pac-Man. Ga sampe lima bulan game pacman langsung menduduki peringkat atas karena menjadi game yang digemari oleh anak-anak muda di AS. Game yang awalnya dirancang untuk permainan wanita malah pada saat itu semua kalangan nyobain permainan pacman.

Lalu Pac-Man meraih keberhasilan dengan 100.000 unit game yang terjual pada saat itu. Pac-Man akhirnya mendunia dalam industri video game. Dan pac-Man pun menjadi ikon budaya video game selama tahun 1980-an.

Setelah lama vakum di dunia arcade game, Akhirnya PacMan Partai, dirilis ulang pada tahun 2010 di Wii, dan terdiri dari 50 mini arcade game, untuk merayakan 30 tahun Pacman.

Yah kira kira begitu gan sejarah awal dari gam Pacman alias Pakkuman (Dulunya) heheh . Semoga bermanfaat