Kemana perginya lemak saat berat badan kita turun?

Lemak

Lemak ( fat ) merujuk pada sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen meliputi asam lemak, malam, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (contohnya A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, terpenoid (termasuk di dalamnya getah dan steroid) dan lain-lain.

Lemak ternyata berubah jadi karbondioksida dan air. Karbondioksida yang kita keluarkan setiap kali kita bernapas itu merupakan penguapan lemak.

Sekitar 84 persen lemak yang hilang akan keluar melalui paru-paru dalam bentuk karbondioksida. Sedangkan 16 persen lemak itu akan berubah jadi air dan bercampur dalam sirkulasi tubuh sampai keluar sebagai keringat dan air pipis.

Menurut penelitian, satu-satunya zat yang sampai ke usus besar dalam bentuk utuh dan tanpa dicerna adalah serat makanan. Selain itu, semua zat yang dicerna oleh tubuh akan diubah jadi karbondioksida dan air.

Zat-zat itu misalnya lemak, karbohidrat, protein, vitamin, kalsium, dan lain-lain. Zat itu akan terserap ke dalam aliran darah dan organ tubuh lalu akan diam di situ sampai menguap melalui napas kita.