Kemampuan (skill) apa saja yang harus dimiliki oleh seorang moderator dalam menjalankan Focus Group Discussion?

image

Dalam menjalankan sebuah focus group discussion (FGD), harus dipandu oleh seorang moderator. Apa saja keterampilan/skill yang harus dimiliki oleh moderator dalam memandu jalannya sebuah grup diskusi, untuk mendapatkan hasil diskusi berupa informasi yang baik?

Tujuan dari Focus Group Discussion (FGD), adalah untuk menggali informasi dari calon pengguna produk kita, sehingga untuk menggali informasi menggunakan metode ini, tanpa membuat pengguna merasa bosan atau terganggu, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang moderator, terutama soft skills.

  1. Moderator harus bisa bersifat fleksibel dan tidak memihak, sehingga terbebas dari pandangan bias dan prasangka yang kurang baik.

  2. Harus mengetahui dan memahami subjek, masalah atau topik yang sedang didiskusikan. Hal ini termasuk pengetahuan teoritis maupun praktis.

  3. Kelancaran dalam berbicara dan berbahasa, sehingga tidak membuat ambigu. Serta, FGD tidak dapat dilakukan melalui orang ke-3 seperti penerjemah, karena ditakutkan, moderator sesungguhnya tidak mengetahui secara langsung atau detail yang dibiciarakan oleh partisipan. Hal ini dapat menghambat menggali informasi secara detail, dapat juga terjadinya penipuan atau miskomunikasi.

  4. Pengelolaan grup diskusi adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang moderator, sehingga dapat mengatur giliran berbicara para partisipan. Hal ini dapat menghindari adanya dominasi dari satu partisipan.

  5. Memiliki pengalaman yang baik dalam melakukan diskusi grup, karena dengan pengalaman yang lebih, moderator dapat dengan baik menarik konklusi dan penemuan-penemuan dari pembicaraan.

Referensi: