Kemampuan Pemimpin seperti apa yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu fungsi dalam manajemen ?

Untuk dapat menghadapi tantangan-tantangan Lingkungan dan perubahan selama menjalankan fungsi manajemen, seorang manager/Pimpinan sebuah organisasi harus memiliki kemampuan manajemen yang baik sehingga dapat mendukung keberhasilan organisasi tersebut.

Kemampuan Pemimpin seperti apa yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu fungsi dalam manajemen ?

Dibutuhkan struktur organisasi fungsional dalam suatu manajemen untuk menjalankan rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian / pengawasan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya.

Dalam memastikan strategi dan operasional manajemen agar dapat berjalan dengan baik, diperlukan seorang pemimpin dalam suatu manajemen yang melakukan fungsi- fungsi tertentu, seperti : planning, organizing, staffing, directing, coordinating, controlling.

“Pemimpin adalah orang yang dapat menggerakkan orang-orang yang ada di sekelilingnya untuk mengikuti jejak pemimpin itu.” Prof Dr H Arifin Abdurrahman.

Manajer harus menerapkan beberapa kebiasaan yang digunakannya dalam praktik memimpinnya. 8 hal kebiasaan yang harus dimiliki seorang manajer jika ingin dikatakan “baik”, yaitu:

  • Be a good coach : dapat menjadi penyeimbang negatif dan positif, memberi pengalaman baru dan membantu memecahkan masalah

  • Empower your team and don’t micromanage : memberi kebebasan pada karyawan dalam bertindak tetapi tetap memberi saran dalam mengatasi masalah-masalah yang bersifat besar.

  • Express interest in team members’ success and personal well-being : mengenali karyawan tidak hanya di dalam perusahaan, tetapi juga diluar perusahaan.

  • Don’t be a sissy. Be productive and results-oriented : fokus pada apa yang dibutuhkan oleh karyawan untuk mencapai goals. bantu tim dalam memprioritaskan pekerjaan.

  • Be a good communicator and listen to your team : komunikasi adalah kegiatan 2 arah, dengarkan dan pahami serta berbagilah informasi.

  • Help your employees with career development : mengidentifikasi dan mengeksplorasi peluang dengan tim sehingga kita menjadi pemimpin yang berjasa pada perubahan kehidupan karyawan.

  • Have a clear vision and strategy for the team : libatkan tim dalam mencapai visi perusahaan dan jaga agar tetap fokus pada goals dan strategi.

  • Have key technical skills so you can help advise the team : lakukan kerja secara berdampingan dengan tim. Pahami tantangan yang ada secara spesifik dan bersama sama.

Selain cara-cara tersebut, seorang manajer yang baik juga perlu memperlihatkan hasil kinerjanya dalam memanajemen organisasi, misalnya dengan membuat effort untuk memberi penghargaan dalam kinerja yang bagus sesering mungkin. Manajer yang baik adalah manajer yang dapat memberi contoh yang baik kepada karyawannya, karena manajer adalah pimpinan yang pasti diamati setiap tingkah lakunya oleh karyawan, contoh baik akan ditiru baik pula oleh orang lain.

Sumber : NYTimes.com