Kelebihan dan kekurangan film Terbang: Menembus Langit

Sinopsis film Terbang: Menembus Langit arahan Fajar Nugros ini bercerita tentang kisah hidup pengusaha dan motivator Onggy Hianata. Apa saja kelebihan dan kekurangan film ini?
image

Mengambil aktor asli dari tempat lahir Onggy Hianata, Tarakan.
Di awal film ini akan menceritakan kisah hidup Onggy Hianata sejak kecil yang lahir di Tarakan. Susanti Dewi selaku produser mengaku sempat kesulitan mencari cast asal Tarakan, karena menurutnya Tarakan belum pernah dijadikan tempat syuting film apapun sebelumnya.

Namun untungnya Susanti merasa warga Tarakan sangat antusias menerima tim mereka syuting disana. Para pemeran asli Tarakan ini akan memerankan karakter anak dari Ibu Onggy Hianata yang diperankan oleh Aline Adita.

Akting para pemeran yang totalitas dalam menunjukkan emosinya di tiap adegan
Dalam film ini para pemeran terutama Dion Wiyoko bisa menyampaikan emosi dalam cerita sangat baik dengan aktingnya yang totalitas. Seluruh perasaan kecewa, marah, putus asa hingga bahagia dapat disampaikan seluruhnya.

Alur ceritanya bakal sukses membuat perasaanmu naik turun
Film ini menceritakan segala kisah yang Onggy Hianata alami sejak kecil hingga memiliki anak. Sutradara seakan membuat penonton terbawa dengan ceritanya naik turun hingga mengaduk perasaan dan emosi kalian dengan kenyataan hidup yang dihadapi Onggy. Film ini akan membuatmu tertawa sekaligus marah dalam satu film.

Cobaan hidup Onggy yang diperankan oleh Dion Wiyoko seperti bertubi-tubi. Namun juga dibuat selingan ringan dengan hadirnya karakter teman-teman Onggy yang lucu.

Perpaduan visual dan soundtrack yang membuat cerita semakin menyatu
Film ini mempercayakan Once sebagai pengisi soundtrack film yang mengisahkan perjuangan hidup seseorang. Cara pengambilan dan pemilihan gambar sangat tepat. Seperti contohnya saat peristiwa bahagia Onggy bisa divisualisasikan dengan soundtrack yang manis. Begitu juga saat mereka berada di titik terendah hidup, benar-benar membuat terenyuh.

Banyak pesan kehidupan yang disampaikan dalam film ini
Bertemakan perjuangan hidup, film ini tidak hanya menyajikan kisah yang berat untuk mengejar rupiah. Namun terdapat beberapa pesan penting yang disampaikan melalui aspek keluarga, asmara hingga bisnis.

Kesetiaan ibu Chandra yang diperankan oleh Laura Basuki yang selalu berada di samping suaminya dalam naik turunnya keadaan hidup dapat menginspirasi menjadi wanita kuat. Film ini juga akan membuatmu menyadari pentingnya kebersamaan keluarga dalam hidup.

Beberapa hal tidak dijelaskan secara gamblang dan jelas
Dalam film ini ada beberapa hal yang membuat kamu penasaran, namun rasanya tidak terjawab. Seperti proses kesuksesan yang didapat Onggy dan alasan kuat Onggy meninggalkan pekerjaan tetapnya. Juga beberapa surat yang diterima Onggy dengan ekspresi kecewa penuh harap tidak dijelaskan sutradara secara jelas.

Ending cerita yang dirasa kurang klimaks
Dalam sebuah film dengan proses dan durasi yang cukup panjang, pastinya penonton menantikan akhir yang membuat klimaks. Setelah emosi dibuat naik turun, penonton rasanya tidak dibuat lega dengan ending yang disajikan.

Sumber: https://hype.idntimes.com/entertainment/ramadani-barus/mengaduk-aduk-perasaan-7-kelebihan-dan-kekurangan-film-terbang-1/full