Kejujuran Adalah yang Terbaik

images (2)

Seorang tukang susu menjadi sangat kaya melalui cara yang tidak jujur. Dia harus menyeberangi sungai setiap hari untuk sampai ke kota tempat tinggal pelanggannya. Dia mencampur air sungai dengan susu yang dia jual dengan harga mahal (keuntungan yang banyak).

Suatu hari ia berkeliling mengumpulkan iuran untuk merayakan pernikahan anaknya. Dengan jumlah besar yang dikumpulkannya, ia membeli banyak pakaian yang bagus dan perhiasan emas yang berkilau. Tapi saat menyeberangi sungai, perahu itu terbalik dan semua barang mahalnya hanyut di sungai.

Pedagang susu itu terdiam karena kesedihan. Saat itu dia mendengar suara yang datang dari sungai, “Jangan menangis. Apa yang hilang hanyalah keuntungan terlarang yang Anda dapatkan melalui kecurangan yang Anda lakukan kepada pelanggan Anda.”

Apa pendapat anda tentang cerita ini? Pesan moral apa yang dapat dipetik dari kisah ini?

Sumber:
www.pravsworld.com/a-moral-story-honesty-is-the-best-policy/

Pesan moralnya adalah segala sesuatu yang dilakukan dengan kecurangan, maka tidak akan berakhir baik. Seperti yang diceritakan dalam kisah tersebut, si penjual susu itu memang kaya setelah melakukan kecurangan. Namun akhirnya dia mendapatkan teguran atas perbuatannya. Jadi, jujurlah atas sesuatu yang anda perbuat.