Keindahan Taman Alam Lumbini

Lokasi taman Alam Lumbini atau replika pagoda terdapat di Ibu Kota Sumatra Utara yang letaknya di Medan, Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo tepatnya berada di kaki Gunung Sibayak.

Daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke Taman Alam Lumbini ini adalah keberadaan Replika Pagoda Shwedagon. Pagoda ini merupakan replika dari pagoda berada di Myanmar.

Tempat wisata Taman Alam Lumbini ini terdapat di medan. Objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri karena di dalamnya terdapat pagoda yang sangat tinggi. Menariknya pagoda tersebut seluruhnya berwarna emas dan berkilau. Jadi apabila dilihat dari kejauhan warna keemasan pagoda akan semakin berkilau dan semakin mencuri perhatian para wisatawan.

Replika Pagoda Shwedagon memiliki bentuk relief-relief yang unik dan juga terdapat patung-patung Budha yang menghiasi bangunan pagoda ini. Selain itu di sebelah kiri pagoda terdapat sebuah menara puncak yang berbentuk berkisar. Di bagian bawah terlihat sebuah hiasan saluran berupa gelang-gelang emas dengan panjang 1,5 meter.

Di bagian dalam pagoda terdapat pohon permohonan atau lebih dikenal sebagai Wishing Tree, pohon ini digantungkan oleh kertas yang isinya adalah permohonan para pengunjung yang beribadah. Namun jika anda ingin menulis permohonan, hal tersebut hanya bisa dilakukan pada hari raya Gong Xi Fat Chai saja.

Sumber:
https://www.jejakpiknik.com/taman-alam-lumbini/